2 Spesies Hiu Purba Ditemukan di dalam Gua Terpanjang di Dunia

Sugeng rawuh Steecy di Situs Kami!

JAKARTA – Penemuan luar biasa! Dua spesies hiu purba baru telah ditemukan di sistem gua terpanjang di dunia, Gua Mammoth di Kentucky, AS. 2 Spesies Hiu Purba Ditemukan di dalam Gua Terpanjang di Dunia

Harga Pil Narkoba Ini Lebih Murah dari Sembako, Cuma Rp8 Ribu

Seperti dilansir IFL Science, Jumat (2 September 2024), hiu yang hidup sekitar 330 juta tahun lalu ini diberi nama Pristineleon lysonii dan Kyphonosus jacksoni.

Pristineleon lysonii merupakan hiu primitif berukuran kecil dengan tubuh ramping dan panjang sekitar 20 cm. Hiu ini memiliki gigi yang kecil dan halus yang menandakan bahwa ia mungkin memangsa mangsa kecil seperti ikan dan krustasea.

Kyphonosus jacksoni merupakan hiu berukuran lebih besar dengan tubuh lebih kuat dan panjang sekitar 70 cm. Hiu ini memiliki gigi yang lebih besar dan tajam yang menandakan kemungkinan besar ia memakan mangsa yang lebih besar seperti ikan dan hewan laut lainnya.

Penemuan hiu purba ini sangat penting karena memberikan informasi baru tentang evolusi hiu dan cara mereka beradaptasi dengan lingkungan gua.

Hiu ini mungkin terperangkap di dalam gua setelah permukaan laut turun dan berevolusi untuk hidup di lingkungan gua yang gelap tanpa makanan.

Penemuan ini juga menunjukkan bahwa sistem gua terpanjang di dunia merupakan tempat yang masih menyimpan banyak rahasia dan masih banyak yang belum diketahui tentang kehidupan gua. 2 Spesies Hiu Purba Ditemukan di dalam Gua Terpanjang di Dunia