36 Kampus Ikuti Wirausaha Merdeka 20 SKS di IPB University, Pamerkan Produk di Entrepreneur Expo

Wecome Steecy di Website Kami!

Bogor – Sebanyak 367 mahasiswa dari 36 kampus di 16 provinsi Indonesia mengikuti Student Entrepreneur Expo 2023 yang digelar pada acara WMK (Free Entrepreneurship) Summit di Gedung Graha Vidya Visuda (GWW) IPB University, Sabtu 2 3 Desember 2, Program Kewirausahaan Muda Pengembangan Mahasiswa Ini setara dengan 20 SKS. 36 Kampus Ikuti Wirausaha Merdeka 20 SKS di IPB University, Pamerkan Produk di Entrepreneur Expo

“WMK itu 20 SKS karena ada selama 6 bulan dalam satu semester. Misalnya Departemen Peternakan totalnya 144 SKS, 20 SKS di antaranya bisa dipelajari di luar bidang keilmuan, unit bisnis, kampus IPB dari dan di luar IPB. .Kalau punya program internal IPB juga bisa masuk untuk dikonversi dan menjadi kredit,” kata Prof I, Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan IPB University. Wawancara Dr Deni Noviana, Steecy saat Student Entrepreneur Expo, Sabtu, 2 Desember 2023.

Dalam pameran ini, mahasiswa menampilkan produk-produk bisnis mulai dari makanan dan minuman, kosmetik, pertanian, pertanian, jasa, desain, inovasi dan teknologi digital. Misalnya, Produk Kecantikan Pelajar memproduksi riasan dalam satu formula. atau menggunakan layanan T-Beng yang bergerak di bidang pelayanan antar pelajar seperti ojek online.

Expo Mahasiswa Wirausaha 2023, Lanjut Prof. Danny, merupakan puncak kegiatan usaha yang diselenggarakan di IPB. Program WMK berasal dari 32 perguruan tinggi di 16 negara yang dikembangkan di IPB dalam waktu 6 bulan dengan jumlah mahasiswa sebanyak 367 orang, sedangkan program internal IPB berupa sekolah startup dan usaha mahasiswa sebanyak 596 orang. 7 Hal yang Harus Dipersiapakan Saat MPLS 2023, Perhatikan ya!

“Apa yang mereka capai selama pelatihan-pelatihan itu dipamerkan hari ini. Jadi tujuan hari ini adalah untuk menunjukkan keberhasilan mereka sekaligus bagaimana menunjukkan dukungannya, karena ada pemerintah yang mendukung mereka. Ya, perusahaannya juga beberapa,” dia menjelaskan. Dani

Denny menyampaikan, IPB terpilih menjadi tuan rumah bagi 34 perguruan tinggi untuk pelaksanaan WMK. Dalam program ini seluruh mahasiswa dari berbagai perusahaan bertemu dan mempresentasikan idenya. Ide sebenarnya terserah siswa lain yang tertarik.

Menyikapi banyaknya calon mahasiswa yang ingin menjadi ASN, Danny menyampaikan bahwa IPB sendiri telah memetakan kapabilitas mahasiswa sejak awal mengenyam pendidikan di IPB pada prinsip-prinsip inti kepemimpinan, organisasi, dan program kewirausahaan ini. Dari hasil peta tersebut, 45 persen ingin menjadi wirausaha, 10 persen menjadi tenaga pendidik, dan 40 persen lainnya merupakan tenaga profesional seperti bekerja di BUMN.

“Iya, 45 persen yang mau berwirausaha itu harus buat jalurnya, jangan hanya kuliah yang ada dua programnya, sekolah untuk mulai pendampingan anak-anak siswanya,” ujarnya.

Indonesia terus berupaya menjadi negara maju, lanjut Danny, dengan indikasi persentase wirausahawan di Tanah Air minimal 7 persen dari negara yang berbasis bisnis. Sedangkan Indonesia hanya mencapai 3,6 persen.

Artinya target Indonesia sangat tinggi, jika 40 persen mahasiswa IPB ingin menjadi wirausaha, kita dorong, jelasnya.

Denny menjelaskan, di kalangan wirausahawan pemula, pihak kampus juga membantu mereka menjadi mahasiswa yang sudah bersekolah. Program ini diperuntukkan bagi alumni yang sudah enam bulan tidak mendapatkan pekerjaan.

“Tolong kita kembali ke kampus kita dan memberi mereka pelatihan apa pun yang mereka perlukan, kita akan menggaet semua orang untuk mendapatkan uang, sehingga mereka akan dipanggil lagi. Itu yang kita sebut kekayaan, data dan statistik kita menunjukkan bahwa 94 persen mereka mencari pekerjaan,” jelasnya. .

Direktur Kemahasiswaan IPB University, Ujing Sowarna menambahkan, dalam melaksanakan program bisnis ini, IPB mengikuti program Rektor IPB Arif Satria yaitu Argo Maritim yang memiliki bidang peternakan, termasuk kelautan dan pertanian.

Program pelatihan ditawarkan oleh kampus sendiri dari tahun pertama hingga kelulusan. Mengembangkan 5 paket program untuk program wirausaha, pertama program wirausaha, kedua menciptakan komunitas yang bisa berbagi, ketiga mengembangkan aplikasi digitalisasi untuk menghubungkan produk dan kiprah mereka di dunia usaha. . Keempat, fasilitasi pelatihan dengan mendatangkan mentor yang mempunyai jam terbang cukup untuk melatih otaknya, serta lima dana hibah dari IPB dan bermitra dengan Ikatan Alumni IPB. 36 Kampus Ikuti Wirausaha Merdeka 20 SKS di IPB University, Pamerkan Produk di Entrepreneur Expo

“Kami berpendapat program-program tersebut tidak berhenti ketika mereka masih mahasiswa, tapi ada tantangan ketika ingin menyelesaikannya, seringkali ketika mereka menyelesaikan tahun mereka banyak kendala untuk menjadi PNS, seperti kendala modal, kelompok terpecah. dan sebagainya,” pungkas Ujang.

Baca artikel edukasi menarik lainnya di link ini.

Generasi Z diharapkan menjadi pemilih yang berpengetahuan luas pada pemilu 2024. Penting bagi Anda untuk berpikir matang sebelum memilih pada pemilu presiden. Tentu saja komentar yang diberikan tidak bisa diintervensi oleh pihak lain. Steecy 8 Februari 2024