5 Cara Mengatasi Batu Ginjal Secara Alami dan Tanpa Obat

Selamat datang Steecy di Website Kami!

Jakarta – 5 Cara Mengatasi Batu Ginjal Secara Alami dan Tanpa Obat

Ginjal merupakan organ penting yang harus selalu sehat. Jika Anda tidak memperhatikan kesehatan ginjal Anda, lambat laun organ ini akan kehilangan fungsinya dan Anda akan terserang berbagai penyakit seperti batu ginjal.

Menurut situs National Kidney Foundation, batu ginjal adalah endapan keras yang terbentuk ketika bahan kimia mengkristal dalam urin. Bahan kimia penyebab batu ginjal antara lain kalsium, oksalat, sistin, xantin, dan fosfat. Mengapa Saya Digigit Nyamuk, Padahal Orang Sebelah Tidak?

Seringkali bahan kimia tersebut membentuk kristal ketika tidak ada asupan cairan dalam tubuh. Kemudian kristal tersebut mengikat zat lain dan membentuk endapan yang agak besar. Endapan ini mungkin tertinggal di ginjal atau berpindah ke saluran kemih. Jika batu ginjal berukuran kecil, pergerakannya tidak menimbulkan rasa sakit. Namun untuk batu ginjal yang cukup besar, pergerakan ginjal atau saluran kemih bisa memicu sakit perut dan punggung.

Selain nyeri, batu ginjal juga dapat menimbulkan gejala berikut: Darah pada urin Mual dan muntah Demam Demam Urin berbusa atau berbau busuk Keluaran urin tidak teratur atau sedikit Bagaimana cara mengobati batu ginjal?

Batu ginjal dapat diobati dengan beberapa cara. Meskipun ada orang yang menggunakan obat resep, banyak orang memilih pengobatan batu ginjal alami dan bebas obat.

Jika Anda sedang mencari cara alami untuk mengobati batu ginjal, berikut beberapa hal yang bisa Anda coba: 1. Perbanyak minum air putih.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, risiko terjadinya batu ginjal meningkat ketika asupan cairan tubuh tidak mencukupi. Sebab dehidrasi menjadi salah satu faktor pemicu batu ginjal. Tak hanya itu, kekurangan cairan membuat tubuh kesulitan mengeluarkan batu ginjal melalui urin.

Penelitian menunjukkan bahwa minum air putih 2 liter atau sekitar 8.250 cc gelas setiap hari dapat membantu mencegah batu ginjal. Tanda-tanda cairan tubuh baik adalah urine berwarna bening atau kuning pucat. Jika warna urine gelap, berarti tubuh kekurangan cairan. Kurangi asupan garam

Pola makan tinggi garam bisa memicu batu ginjal. Hal ini karena kadar garam yang tinggi mencegah kalsium diserap kembali dari urin ke dalam darah. Akibatnya, jumlah kalsium dalam urin meningkat sehingga meningkatkan risiko batu ginjal.

Jadi cobalah mengurangi asupan garam untuk menjaga kalsium dalam urin Anda tetap rendah. Hindari juga makanan tinggi garam, seperti daging olahan, keripik, dan beberapa makanan kaleng.3. Minumlah jus lemon

Lemon mengandung asam sitrat, yang mencegah pembentukan batu ginjal karena kalsium. Asam sitrat, dikutip dari Healthline, memecah endapan kecil dan mengeluarkannya dengan mudah dari tubuh.

Selain itu, jus lemon kaya akan antioksidan seperti vitamin C yang dapat melindungi tubuh dari peradangan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Gunakan Cuka Sari Apel 5 Cara Mengatasi Batu Ginjal Secara Alami dan Tanpa Obat

Cuka apel mengandung asam asetat yang mampu melarutkan batu ginjal. Tak hanya itu, cuka sari apel juga mampu meringankan gejala nyeri batu ginjal yang berpindah-pindah.

Namun, jangan terlalu sering menggunakan cuka apel karena dapat menimbulkan efek samping, antara lain: Kerusakan email gigi Peningkatan asam lambung (acid reflux) Sakit tenggorokan Minum jus kedelai

Kacang merah atau sup berbahan dasar kacang-kacangan dipercaya mampu mengeluarkan batu ginjal berukuran kecil dari dalam tubuh. Tak hanya itu, jus kacang merah juga dipercaya dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh serta meningkatkan kesehatan ginjal dan saluran kemih. Tonton video “Bukan Mitos! Sering Buang Air Kecil Sebabkan Batu Ginjal” (ath/naf)