Ahli Berhasil Lakukan Transplantasi Bola Mata Pertama di Dunia

Selamat datang Steecy di Portal Ini!

Steecy Techno – Ilmu dan peralatan kedokteran saat ini semakin maju, baru-baru ini para ahli bedah melakukan transplantasi mata total pertama di dunia. yang dipuji sebagai kemajuan Padahal pasien masih belum bisa melihat seperti semula. Ahli Berhasil Lakukan Transplantasi Bola Mata Pertama di Dunia

ABC News melaporkan pada Sabtu, 11 November 2023, pasien Aaron James (46 tahun) mengatakan “para dokter tidak pernah mengira ini akan berhasil” bahkan setelah operasi selesai. Namun mata yang baru ditransplantasikan sudah menunjukkan tanda-tanda kesehatan, seperti pembuluh darah yang berfungsi dan retina yang cerah.

Namun, sudah enam bulan sejak operasi 21 jam tersebut, karena kerusakan pada wajah James. Oleh karena itu, dia harus menjalani cangkok kulit wajah di New York sebelum melakukan transplantasi mata. Namun dokter bedah yang bertanggung jawab atas operasi tersebut mengatakan James mungkin masih bisa melihat mata kirinya, mata lainnya. Gajah Sumatera, Hewan Penjaga Ekosistem di Hutan

“Saya rasa tidak ada orang yang bisa mengklaim bahwa dia bisa melihat dengan jelas. Namun mereka tidak dapat mengklaim bahwa dia tidak akan pernah bisa melihat lagi,” kata Dr. Eduardo Rodriguez. “Kami sedang melakukan transplantasi mata. yang merupakan langkah penting Ini adalah sesuatu yang telah dipikirkan orang selama berabad-abad namun tidak pernah dilakukan.”

James, seorang veteran dari Arkansas Selamat dari kecelakaan kerja akibat tegangan tinggi pada Juni 2021 yang mengakibatkan kerusakan pada wajah, hidung, mulut, dan mata kirinya. Dia bilang dia tahu dia mungkin tidak akan pernah melihat lagi. Namun dia berharap ahli bedah akan melakukannya. “Pelajari sesuatu untuk membantu visi Anda selanjutnya.”

“Mudah-mudahan ini membuka jalan baru,” ujarnya, “Rasanya menyenangkan. Belum ada pergerakan apa pun. Kelopak matanya belum berkedip. Tapi sekarang ada perasaannya,” imbuhnya.

Sebelum transplantasi ini Dokter hanya dapat melakukan transplantasi kornea, yaitu lapisan bening bagian depan mata.

Dokter awalnya berencana menggunakan bola mata sebagai bagian dari transplantasi wajah hanya untuk alasan kosmetik, kata Dr. Rodriguez. “Akan menjadi keajaiban jika ada pemulihan penglihatan. Tapi tujuan kami adalah bedah teknis,” kata Dr. Rodriguez. Ditambahkannya bahwa tujuan dari operasi ini adalah untuk membuat bumi di dalam mata, menjadi di dalam.”

“Saat ini, saya pikir kami sangat senang dengan hasil yang kami capai dari operasi yang sangat menuntut secara teknis ini.”

Dokter mengatakan mata James akan terus dipantau. Namun saat ini belum ada hubungan yang terlihat antara bola mata dan otak melalui saraf optik.

Untuk memfasilitasi hubungan antara saraf optik donor dan penerima. Ahli bedah menyuntikkan sel induk dewasa ke dalam saraf optik selama prosedur transplantasi dengan harapan dapat menggantikan sel yang rusak. Ahli Berhasil Lakukan Transplantasi Bola Mata Pertama di Dunia

Dr Rodriguez mengatakan kemungkinan transplantasi mata membuka banyak kemungkinan baru, meskipun dalam kasus ini penglihatan tidak akan pulih. Kelompok penelitian lainnya Cara-cara sedang dikembangkan untuk menghubungkan jaringan saraf tiruan di otak kepada orang-orang buta dengan memasukkan elektroda, misalnya, agar mereka dapat melihat, katanya.

“Jika kita bisa bekerja sama dengan ilmuwan lain yang menemukan cara lain untuk memulihkan penglihatan atau mengembalikan gambar ke korteks visual Saya pikir kita selangkah lebih dekat,” tambahnya. Ada keributan mengenai orang-orang yang mengalami nasib sial karena menggali kuburan orang-orang penting. Seorang arkeolog bernama Rami Romani dikabarkan mendapat kutukan atau keberuntungan setelah membuka makam mumi kuno di Mesir.Rami menderita penyakit misterius dan menakutkan Steecy 8 Februari 2024