Anak Asri Welas Idap Katarak Kongenital, Harga Kacamatanya Tembus Rp10 Juta

Sugeng rawuh Steecy di Situs Kami!

Steecy – Asri Welas bersyukur tumbuh kembang putra keduanya, Ibran, kini sudah membaik. Pasalnya, bayi tersebut baru berusia tiga bulan dan diketahui mengidap penyakit mata. Anak Asri Welas Idap Katarak Kongenital, Harga Kacamatanya Tembus Rp10 Juta

Penyakit ini biasanya terjadi sejak lahir dan berupa noda putih pada lensa mata sehingga mengganggu penglihatan.

Usai operasi mata saat kecil, Ibran kini harus memakai kacamata agar matanya normal. 99 Anak Indonesia Meninggal Gegara Gangguan Ginjal Akut, Penyakit Apa Sih Itu dan Bagaimana Gejalanya?

“Kaca sangat membantu perkembangan bahasa Ibrani. Dalam tiga bulan, Anda bisa berubah dan melihat orang-orang di dunia. Karena sebelumnya dia diliputi katarak,” kata Asri Welas yang menahan air mata saat jumpa media bersama Optik Tunggal Jakarta beberapa waktu lalu.

Menurut Asri, kacamata katarak yang dipersonalisasi sangat penting bagi anak untuk menjamin tumbuh kembang yang optimal. Meski berprofesi sebagai masyarakat umum, harga kacamata tersebut terlalu mahal bagi Asri Welas.

“Itu bernilai jutaan untuk sepasang kacamata. Ketika seorang anak penderita katarak lahir tanpa dukungan, maka impian dan harapannya pun musnah. Dengan kacamata, seluruh perkembangan anak menjadi lebih baik. Padahal di tubuhnya ada virus lain,” ujarnya.

Namun, tidak mudah menemukan kacamata khusus untuk anak. Selain itu, Ibran juga membutuhkan kacamata yang sangat tebal karena penyakit katarak yang dideritanya sendiri menyebabkan matanya menjadi hipermetropia atau rabun jauh sehingga nilainya 18 juga.

“Sulit mencari kacamata anak saya karena dia bekerja. Saya rasa ada yang berat jadi kendor, berat dan patah. ” dia berkata.

Alexander Kurniawan, CEO Optik Tunggal, mengungkapkan kacamata khusus katarak alami memiliki bahan yang sangat tebal. Selain itu dirancang untuk digunakan oleh anak-anak dan cukup kuat agar tidak mudah patah.

Ia pun membenarkan, harga dua gelas bahkan bisa mencapai puluhan juta rupiah.

“Sayangnya sekitar 10 juta untuk sepasang kacamata. Bisa lebih tinggi dan tetap harus memikirkan logistik,” ujarnya. Anak Asri Welas Idap Katarak Kongenital, Harga Kacamatanya Tembus Rp10 Juta

Menurut Alex, tidak banyak produsen lensa yang membuat kacamata khusus untuk katarak kongenital karena pembuatannya memakan waktu lama dan tidak terlalu ekonomis.

“Dari apa yang saya pelajari, ada produsen lensa di dunia yang menawarkan ini, namun mereka tidak memiliki teknologinya (lensa tebal namun ringan). Karena lensa tidak akan menghasilkan keuntungan bagi perusahaan, jadi tidak ada siapa-siapa. “Aku mengkhawatirkannya, kecuali Zeiss,” katanya.