Bangga! FTUI Didaulat Jadi Tuan Rumah Kompetisi Cybersecurity Dunia 2026

Wecome Steecy di Situs Kami!

DEPOK – Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) akan menyelenggarakan kompetisi bergengsi tingkat mahasiswa bidang Offensive Cyber ​​Security, Country-to-Country (C2C) Capture of the Flag (CTF) 2026 . Bangga! FTUI Didaulat Jadi Tuan Rumah Kompetisi Cybersecurity Dunia 2026

Menurut Dekan FTUI Heri Hermansia, konfirmasi penunjukan FTUI sebagai tuan rumah Kompetisi Mahasiswa Keamanan Siber ofensif Country-to-Country (C2C) Capture of the Flag (CTF) 2026 diterimanya saat berkunjung ke Keio. . University, Jepang, Jumat (26/01). Pendaftaran SNBP 2024 Ditutup Hari Ini 28 Februari 2024 Pukul 15.00 WIB

Secara khusus, Program Penelitian Teknik Komputer Departemen Teknik Elektro (DTE) FTUI ditugaskan untuk menyelenggarakan kompetisi tingkat dunia ini.

“Keputusan untuk menjadi tuan rumah kompetisi Country-to-Country Flag (C2C CTF) 2026 merupakan bagian dari komitmen berkelanjutan kami dalam mendukung pengembangan mahasiswa di bidang keamanan siber. Melalui kompetisi ini, kami memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengasah keterampilannya. , menjalin kerja sama lintas batas dan menjawab tantangan era digital ini,” kata Khery dalam keterangannya, Rabu (7/1/2024).

Dalam kunjungannya ke Jepang, Heri didampingi oleh Ketua Jurusan Teknik Elektro (DTE) FTUI Arief Udhiarto, Ketua Program Penelitian Teknik Komputer Muhammad Salman dan dosen tetap Program Penelitian Teknik Komputer Ruki Harwahu.

Keputusan tersebut sejalan dengan inisiatif UI pada tahun 2016 untuk bergabung dengan International Center for Cyber ​​Security (INCS-CoE) yang diluncurkan oleh Keio University. INCS-CoE bertujuan untuk membangun kemitraan antar negara yang melibatkan pemerintah, industri dan akademisi.

Sejak tahun 2020, UI telah mendirikan Center for Cyber ​​​​Awareness and Resilience (IdCARE), yang merupakan pusat keunggulan dan inisiatif di tingkat nasional dan regional (ASEAN dan sekitarnya).

Anggota INCS-CoE adalah universitas-universitas ternama dunia di bidang keamanan siber, antara lain: Stanford University, Northeastern University, Imperial College London, Oxford University, Cambridge University, Melbourne University, Edith Cowan University, Tokyo University, Waseda University. , Universitas Tokyo Denki dan Institut Keamanan Informasi (IISEC). Saat ini UI menjadi satu-satunya anggota yang mewakili Indonesia.

Pada tahun 2024 akan dilaksanakan kualifikasi ke 5. Pada tahun 2020-2022 kualifikasi akan dilaksanakan secara online karena adanya pandemi Covid-19.

Awalnya akronim C2C ​​​​berasal dari Cambridge-Cambridge, kemudian diubah menjadi negara demi negara ketika beberapa negara bergabung sebagai komite pengarah. Bangga! FTUI Didaulat Jadi Tuan Rumah Kompetisi Cybersecurity Dunia 2026

Pada C2C CTF, setiap peserta bekerja sama secara tim dengan peserta dari negara lain dan berkompetisi dengan tim lain untuk menyelesaikan berbagai tugas dengan kemampuan hacking yang dimilikinya.

Kami berharap kompetisi ini dapat meningkatkan keterampilan teknis pelajar Indonesia di bidang keamanan siber, membuka cakrawala pelajar terhadap kerja sama dan jaringan internasional, serta memperkuat posisi Indonesia dalam komunitas keamanan siber global.