Bangga! Siswa SMP Indonesia Menang Kompetisi Ide Literasi Keuangan Se-Asia Pasifik

Sugeng rawuh Steecy di Situs Kami!

Steecy Edukasi – Tim PJ Force dari SMP Pembangunan Jaya sukses menjuarai ajang JA SparktheDream Social Challenge Asia Pacific Finals 2023. Bangga! Siswa SMP Indonesia Menang Kompetisi Ide Literasi Keuangan Se-Asia Pasifik

Ini merupakan kompetisi tingkat Asia-Pasifik dimana siswa Sekolah Menengah Pertama (JHS) ditantang untuk menciptakan ide-ide pembangunan sosial yang dapat meningkatkan kesehatan keuangan dan membawa perubahan positif dalam masyarakat.

Mereka dipilih dari lebih dari 60 tim peserta lainnya dari enam negara di Asia, termasuk Hong Kong, Indonesia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Persiapan Daftar SNBP 2024, Begini Cara Melihat Daya Tampung Program Studi Kampus

Dalam kompetisi ini, siswa bekerja dalam tim untuk menghadapi tantangan ini dan membuat video pendek yang menggambarkan permasalahan sosial yang mereka ketahui di komunitasnya, serta usulan solusi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Tim pemenang akan mendapat kesempatan untuk lebih mengembangkan cara berpikirnya dengan bantuan pelatih dari FWD Insurance. Tim pemenang juga mendapatkan hadiah untuk mendukung mereka dalam mewujudkan impiannya.

CEO FWD Insurance, Desy N. Widjaya mengatakan melalui JA SparktheDream Social Challenge, mereka mendorong generasi muda untuk mewujudkan impian dan ide-ide baru menjadi tindakan nyata yang bermanfaat bagi masyarakat, terutama dalam hal literasi keuangan.

“Apa yang dilakukan pelajar Indonesia dalam kompetisi se-Asia Pasifik ini merupakan sebuah kebanggaan, yang diharapkan dapat menjadi inspirasi dalam memajukan pengelolaan keuangan dan mendorong inklusi keuangan di masyarakat,” ujar Desy dalam pidatonya yang digelar pada Jumat, 15 Desember 2023.

Penasihat Akademik dan Penasihat Operasional Achievement Junior Indonesia, Robert Gardiner, mengatakan selain berfokus pada keuangan dan teknologi, JA SparktheDream Social Challenge memungkinkan siswa untuk mengeksplorasi potensi, kreativitas, dan kepekaan sosial.

“Kami percaya bahwa pendidikan keuangan dan kesempatan bersaing akan memberikan kesempatan kepada siswa yang lebih tua untuk menjadi orang dewasa yang mandiri secara finansial, serta membekali generasi muda dengan keterampilan untuk masa depan,” kata Robert.

Tim PJ Force dari SMP Pembangunan Jaya meraih juara pertama atas proposal mereka, Bijaksana dalam Uang, sebuah buku keuangan menyenangkan dan menarik yang mengajarkan generasi muda kebiasaan mengelola uang yang baik.

Buku harian keuangan berisi pengenalan konsep keuangan penting, perbedaan keinginan dan kebutuhan, lembar takograf menabung dan komik berisi tips pengelolaan uang. Setelah PJ Force Team, juara kedua diraih The Dream Team dari Lac Hong Bilingual School, Vietnam dan juara ketiga diraih Wat Uthai Tharam School Team, Thailand. Bangga! Siswa SMP Indonesia Menang Kompetisi Ide Literasi Keuangan Se-Asia Pasifik

Tantangan Sosial JA SparktheDream merupakan bagian dari program JA SparktheDream, yang memberikan siswa di seluruh Asia pengetahuan dan keterampilan manajemen keuangan pribadi yang mereka perlukan untuk mengendalikan masa depan keuangan mereka.

Diluncurkan pada tahun 2023, program JA SparktheDream telah memberdayakan lebih dari 1.500 pelajar di Indonesia dengan kemampuan mengambil keputusan keuangan yang cerdas. Program multi-tahun yang dijalankan oleh pimpinan PJI dan relawan FWD ini menawarkan pengalaman belajar yang menyenangkan dengan mengintegrasikan pelajaran dan modul di kelas, platform pembelajaran online interaktif, dan aktivitas keluarga di rumah.

Pada tahun 2024, JA SparktheDream bertujuan untuk memberikan manfaat kepada 25.000 pelajar dan rekan-rekan mereka di tujuh pasar di Asia. Insiden Lagi, Siswa SMK Depok Meninggal Usai Tergabung di Grup A Siswa meninggal tragis akibat kekerasan yang terjadi di Jalan Raya Cipayung Bojong Pondok Terong, Pancoran Mas, Depok. Steecy 9 Februari 2024