Bill Gates Investasi Rp 779 Miliar Bangun Pembangkit Bahan Bakar Bersih Jet dari Alkohol

Sugeng rawuh Steecy di Portal Ini!

Steecy – Pendiri Microsoft Bill Gates baru-baru ini menyumbangkan US$50 juta (Rs 779 miliar). Bill Gates Investasi Rp 779 Miliar Bangun Pembangkit Bahan Bakar Bersih Jet dari Alkohol

Investasi ditujukan untuk mengembangkan teknologi konversi alkohol menjadi bahan bakar penerbangan (SAF) yang ramah lingkungan.

Startup LanzaJet telah mengonfirmasi bahwa mereka telah menerima dana dari Breakthrough Energy Foundation milik Gates.

Uang tersebut akan digunakan untuk membangun pabrik besar pertama di Soperton, Georgia. APJII Proyeksi Penetrasi Internet Indonesia Naik jadi 79,5 Persen Tahun Ini

Maskapai penerbangan saat ini sedang menjajaki penggunaan bahan bakar ramah lingkungan pada pesawat mereka untuk menjadikan industri ini lebih ramah lingkungan.

Namun minyak ini kurang populer karena volume produksinya yang relatif kecil. Gambaran penggunaan bahan bakar penerbangan (SAF) yang berkelanjutan. [Chris Leipelt/Hapus Percikan]

Pabrik Soperton akan menggunakan nama Freedom Pine Fuel Plant. Produksi resmi akan dimulai pada tahun 2023.

Setelah beroperasi penuh, pabrik tersebut akan memproduksi 9 juta galon bahan bakar ramah lingkungan, kata LanzaJet.

Selain itu, perusahaan ini juga akan memproduksi 1 juta liter solar per tahun. LanzaJet mengatakan Bill Gates Foundation akan membantu perusahaan secara signifikan.

Hal ini memastikan bahwa perusahaan tersebut akan memproduksi minyak dua kali lebih banyak dari AS.

LanzaJet menggunakan alkohol dari tanaman seperti tebu dan limbah jagung untuk menghasilkan bahan bakar.

Perusahaan mengatakan akan mengurangi emisi karbon dioksida setidaknya 70 persen dibandingkan bahan bakar jet konvensional.

Pada tahun 2015, Bill Gates mendirikan Breakthrough Energy Fund untuk mempromosikan inovasi dan investasi dalam teknologi energi ramah lingkungan.

Tercatat, investasi sebesar 50 juta dolar AS berasal dari Microsoft. Sebagian kecil akan disumbangkan oleh BlackRock Foundation, Builders Vision, dan Gates Foundation. Bill Gates Investasi Rp 779 Miliar Bangun Pembangkit Bahan Bakar Bersih Jet dari Alkohol

Sebelumnya, LanzaJet mengumpulkan ratusan juta dolar. Menggambar pesawat terbang. (Stok Shutterstock).

Pesawat komersial hanya mengeluarkan 2 persen dari seluruh karbon dioksida. Bahan bakar penerbangan ramah lingkungan menjadi semakin penting.

Maskapai ini berencana mengurangi dampaknya terhadap cuaca. Hal ini untuk mencapai tujuan Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA).

Tujuannya adalah mencapai emisi net zero pada tahun 2050, demikian laporan Gizchina, Minggu (23/10/2022).