BPIP Dorong Sekolah hingga Perguruan Tinggi Segera Ajarkan BTU Pendidikan Pancasila

Selamat datang Steecy di Situs Kami!

Steecy, JAKARTA – Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof. Yudian Wahyudi di sekolah, mulai dari sekolah dasar (SD) atau sejenisnya hingga sekolah menengah atas mempelajari kitab induk (BTU) Pendidikan Pancasila. BPIP Dorong Sekolah hingga Perguruan Tinggi Segera Ajarkan BTU Pendidikan Pancasila

“BTU merupakan salah satu alat untuk membantu proses pembelajaran Pancasila agar cepat dikenal dan dipahami khususnya para guru,” kata Prof. Yudian dalam sambutannya pada Seminar Pancasila di Menara Kompas, Jakarta, Selasa (19/12).

BACA JUGA: BPIP akan terus menyusun RUU Pancasila dengan tetap mengubur kemaslahatan ideologis. FTUI Perluas Jaringan Kerja Sama Internasional Cybersecurity dengan Jepang

Menurut Prof. Yudian, guru bertanggung jawab terhadap pembelajaran Pancasila dan kerja keras pengajaran Pancasila kepada siswa.

Ia juga menekankan pentingnya segera perubahan dalam pendidikan Pancasila sebagai metode pengajaran.

BACA: Akhir Tahun Refleksi, BPIP Tetap Gunakan Pancasila

“Saya berharap Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan segera dapat merencanakan dan melaksanakan pembangunan, khususnya karena alasan Pancasila,” kata Prof Yudian.

Tak hanya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktur BPIP juga mendorong Kementerian Agama dan Kementerian Dalam Negeri untuk bersinergi untuk kelas agama dan tokoh masyarakat setempat.

BACA JUGA: Pimpinan BPIP Berpesan Kepada Ribuan Mahasiswa UGM, KKN Itu Salah Satu Bentuk Pengabdian.

“Upaya perubahan pendidikan Pancasila merupakan tugas besar dan tidak bisa dilakukan oleh BPIP sendiri, melainkan harus bersinergi dan bekerja sama dengan semua pihak,” ujarnya.

Buku yang telah disetujui oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi ini mendapat pujian dari para pelaku bisnis, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, dan Kementerian Dalam Negeri. BPIP Dorong Sekolah hingga Perguruan Tinggi Segera Ajarkan BTU Pendidikan Pancasila

Mereka mendukung dan memastikan implementasi segera BTU berdasarkan Freedom Act.

Saat ini beliau juga menjabat sebagai Bendahara, Anggota Dewan BPIP, Prof. M.Amin Abdullah.

Selain itu, Sekretaris Ketua Dewan BPIP, Dirjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya, Wakil Presiden BPIP Rima Agristina, anggota Kelompok Pendamping Ahli BPIP Ermaya Suradinata, Sekretaris BPIP Tonny Agung Arifianto, dan senior lainnya. pejabat di BPIP. (mrk/jpnn)