Ciri-ciri Sakit Kepala Gejala Stroke VS Sakit Kepala ‘Biasa’, Jangan Diabaikan!

Wecome Steecy di Portal Ini!

Jakarta – Ciri-ciri Sakit Kepala Gejala Stroke VS Sakit Kepala ‘Biasa’, Jangan Diabaikan!

5 Hal yang Terjadi pada Tubuh saat Berhenti Konsumsi Gula

Dalam kebanyakan kasus, pasien stroke terlambat mencari pertolongan medis karena gejala awal tidak terdeteksi. Jika hal ini terjadi, potensi risikonya tidak lain adalah cacat permanen atau bahkan kematian. Lalu apa sebenarnya gejala stroke yang harus diwaspadai?

Salah satu gejala paling umum yang dialami pasien stroke diyakini adalah sakit kepala. Hal tersebut dibenarkan oleh dokter spesialis bedah saraf Dr. Noor Setiawan Suroto, MD, PhD. Lalu bagaimana sebenarnya sakit kepala akibat stroke bisa terjadi? Apa bedanya dengan sakit kepala ‘biasa’ yang terjadi berkali-kali dalam sehari?

“Tentu saja salah satu gejala stroke adalah sakit kepala. Ini adalah sakit kepala parah yang tiba-tiba dan belum pernah Anda rasakan sebelumnya. Pada salah satu jenis stroke, disebut stroke hemoragik, gejalanya adalah sakit kepala yang hebat, kadang disertai rasa sakit yang hebat. karena muntah-muntah,” kata dr Ewan kepada Ditcom, Jumat (2/2). / 2024) dijelaskan.

Dijelaskan dr Ewan, jika muncul gejala sakit kepala, segera bawa ke rumah sakit agar pasien bisa mendapat pengobatan. Semakin dini pengobatan diberikan, semakin besar risiko pasien mengalami cacat permanen atau kematian.

“Kalau ini terjadi (sakit kepala aneh dan gejala muntah-muntah), maka sebaiknya segera ke rumah sakit dan dilakukan pemeriksaan. Nanti kita lihat pendarahannya berapa, kalau pendarahannya sedikit, kalau begini bisa. diobati, dengan obat, bisa disembuhkan, tapi kalau pendarahannya banyak, pasien harus dioperasi.” Ada kemungkinan bisa,” kata dr Ewan.

“Kalau sakit kepala yang terjadi secara tiba-tiba, bisa dicurigai gejala stroke. Apakah pola sakit kepala tersebut berbeda dengan sakit kepala sehari-hari? Sakit kepala disertai muntah-muntah. “Ada rasa kaku di leher bagian belakang,” katanya. Saksikan video “Seberapa penting penyederhanaan terminologi medis bagi orang awam?” (vyp/kna) Ciri-ciri Sakit Kepala Gejala Stroke VS Sakit Kepala ‘Biasa’, Jangan Diabaikan!