Dalam Sehari Ada 1.000 Warga RI Didiagnosis Kanker, Banyak Tak Sadar Gejalanya

Selamat datang Steecy di Website Kami!

Jakarta – Dalam Sehari Ada 1.000 Warga RI Didiagnosis Kanker, Banyak Tak Sadar Gejalanya

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksuno Harbuono mengatakan, 1.000 kasus baru kanker terjadi setiap harinya di Indonesia. Ketika jumlah penduduk mendekati 280 juta, jumlah orang yang didiagnosis menderita kanker diperkirakan meningkat sebesar 65,1% selama 20 tahun ke depan. Sering Gendong Bikin Bayi Tumbuh Jadi Anak Manja, Mitos atau Fakta?

Penyebabnya adalah kurangnya kesadaran masyarakat terhadap risiko penyakit kanker. Ketahui kedua gejala dan cara menghindarinya.

Banyak pula warga yang tidak melakukan pemeriksaan rutin. Faktanya, tingkat kelangsungan hidup akan lebih tinggi bila kanker terdeteksi pada tahap awal.

Penelitian yang dilakukan oleh Kelompok Staf Medis (KSM)/Instalasi Pelayanan Komprehensif (IPT) Kelompok Peneliti Onkologi Radiasi RSCM menemukan bahwa sebagian besar masyarakat atau 59,8% belum mengetahui Program Perilaku Hidup Sehat Masyarakat (GERMAS) yang mendukung kesehatan yang baik. Dari segi gaya hidup termasuk pola makan dan olah raga, mayoritas atau 79,4% belum pernah mengikuti pendidikan kesehatan.

Rendahnya tingkat pengetahuan dan faktor terkait lainnya dapat menyebabkan sekitar 65% diagnosis kanker stadium lanjut.

Otomatis, kanker yang sering terlihat pada stadium lanjut memerlukan biaya pengobatan yang lebih tinggi. Jika kita melihat Program Jaminan Kesehatan Nasional, angka cakupan kanker pada tahun 2014 hingga 2018 menempati urutan ketiga tertinggi. Jumlah ini sangat tinggi, Rp 13,3 triliun atau 17% dari total biaya penyakit mematikan.

“Selain berdampak pada pendanaan publik, penyakit kronis ini juga menimbulkan beban ekonomi dan sosial bagi pasien dan keluarganya. Bahkan di era jaminan kesehatan nasional, masih banyak biaya tidak langsung yang ditanggung oleh pasien dan keluarganya. .seperti biaya transportasi, akomodasi dan hilangnya pendapatan akibat ketidakhadiran/penjatahan pekerjaan pasien atau pasangannya,” kata Dirjen RSCM Superianto, SpB, FINACS, MKes, tata cara pemberian layanan kanker menjadi agendanya. Gandeng 5 rumah sakit untuk memberikan bantuan, Senin (5/2/2024).

Dalam penelitian RSCM lainnya, peneliti menemukan bahwa hampir 80 persen pasien kanker yang dirawat sudah berada pada tingkat kesulitan finansial. Sayangnya, situasi ini hanya berlangsung kurang dari 30 bulan setelah 12 bulan menderita kanker.

Para peneliti juga melaporkan bahwa 36% pasien kanker mengalami kebangkrutan. Oleh karena itu, pemerintah harus berkontribusi dalam dukungan finansial dan psikologis agar pasien bisa mendapatkan pengobatan dan pemulihan secepatnya. Dalam Sehari Ada 1.000 Warga RI Didiagnosis Kanker, Banyak Tak Sadar Gejalanya

Tahun ini, sesuai keputusan Kementerian Kesehatan, Pelayanan Kanker Komprehensif (PKaT) RSCM bertanggung jawab atas pelayanan kanker regional di RSCM 4 provinsi Lampang, Banten, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Selatan RSUD Dr. H. Abdul Muilak Lampang. , RSUD Dr. Stinala Tangeng, RSUD Buntin, RS Dr. Soderso Pontianak dan RS Olin Banjarmasin.

Empat jenis kanker yang akan dijadikan topik pembahasan antara lain kanker payudara, kanker serviks, kanker paru-paru, dan kanker anak. “Awas! Tonton video “Daging merah penyebab kanker pankreas” (naf/naf)