Debat Capres Terakhir, Peneliti BRIN: Saling Respek dan Teduh Jelang Hari Pemilihan

Selamat datang Steecy di Website Kami!

Steecy, Jakarta Debat calon presiden kelima berlangsung pada Minggu, 4 Februari 2024 malam. Topik yang dibahas dalam debat presiden terakhir adalah kesehatan, inklusi, teknologi, budaya, pendidikan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia. Debat Capres Terakhir, Peneliti BRIN: Saling Respek dan Teduh Jelang Hari Pemilihan

Menurut Firman Noor, Direktur Riset Pusat Kajian Kebijakan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), diskusi tadi malam berlangsung dengan saling menghormati. Kasus Gangguan Ginjal Akut Misterius Terus Bertambah, Apa Penderita Bisa Sembuh Total? Ini Kata Dokter Anak

Firman Noor menjelaskan, ketiga calon presiden yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranovo telah menunjukkan visi negarawan yang ingin mengedepankan integrasi dan perdamaian menjelang hari pemungutan suara Pilpres 2024 yang tinggal 9 hari lagi.

“Masyarakat diajarkan untuk saling menghormati lawan bicaranya, dan saya kira ketiganya akan saling membayangi di hari pemilu, jadi mudah-mudahan kedepannya suasana bisa sedikit lebih tenang menjelang debat capres final,” ujarnya. Firman menyebutkan Antara. Ciri-ciri calon presiden

Firman Noor masih melihat perbedaan kualitas setiap calon presiden saat menyampaikan pendapat. Seperti biasa, Anies selalu memberikan visi dan misi perubahan, mengedepankan tindakan kolaboratif pemerintah untuk menyelesaikan masalah, fokus pada peningkatan sumber daya manusia (SDM) dan analisis data sebelum melaksanakan kebijakan.

“Kemunculan Anies tidak banyak menimbulkan serangan dalam debat, pertanyaannya seputar menggali gagasan calon presiden lainnya,” kata peneliti senior itu.

Selain itu, bagi Prabowo, Firman menyatakan pendekatan Menhan adalah negara harus turun tangan terhadap permasalahan tersebut, sehingga harus bertindak cepat untuk menyelesaikan setiap permasalahan.

Selain itu, calon presiden nomor urut 3 juga serupa dengan Anies dalam hal mengutamakan langkah bersama pemerintah, melibatkan seluruh pemangku kepentingan untuk mencari solusi.

Namun, tadi malam Ganjar mengungkapkan rasa tidak senangnya terhadap Prabowo atas kebijakan internet gratis tersebut dalam sebuah segmen perdebatan baru-baru ini.

Firman mengatakan kepada pemimpin Indonesia tersebut bahwa ketiga kandidat menunjukkan sikap saling menghormati gagasan masing-masing mengenai kepentingan nasional. Debat Capres Terakhir, Peneliti BRIN: Saling Respek dan Teduh Jelang Hari Pemilihan

Ini adalah contoh yang baik dalam mendorong pemilu yang adil dan inklusif meskipun masyarakat mempunyai preferensi politik yang berbeda.