Dibahas Ganjar di Debat Capres, Segini Rata-rata Angka Harapan Hidup Warga RI

Selamat datang Steecy di Website Kami!

Jakarta – Dibahas Ganjar di Debat Capres, Segini Rata-rata Angka Harapan Hidup Warga RI

Topik terkait angka harapan hidup masyarakat Indonesia menjadi bahasan dalam debat calon presiden, Minggu (4 Februari 2024). Kandidat no. 2 Ganjar Pranowo mengatakan, pengetahuan tentang pola hidup sehat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan angka harapan hidup masyarakat Indonesia. Psikolog Ungkap Alasan Banyak Remaja Rela Diplonco Meski Alami Kekerasan Fisik 

“Jika ada indikator angka harapan hidup, mereka perlu mendapatkan layanan kesehatan yang baik, hiburan yang baik, dan tokoh budaya yang dapat membantu membuat mereka bahagia. Jadi ada keinginan dari masyarakat, kami ingin mendapat pelayanan yang baik,” kata Ganjar dalam debat tersebut.

Angka harapan hidup merupakan rata-rata umur seseorang yang diperkirakan dari angka kematian pada saat itu, yang tidak berubah di masa yang akan datang. Menanggapi rendahnya angka harapan hidup di suatu daerah, pembangunan kesehatan dan program sosial lainnya harus dilaksanakan, termasuk kesehatan lingkungan, kecukupan gizi dan kalori, termasuk program pengentasan kemiskinan.

Angka harapan hidup masyarakat Indonesia dicatat oleh beberapa lembaga penelitian. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada tahun 2022, angka harapan hidup penduduk Indonesia adalah 69,93 tahun pada laki-laki, sedangkan pada perempuan lebih tinggi yaitu 73,83 tahun.

Sementara itu, dalam tabel angka kesakitan dan kematian penduduk Indonesia tahun 2023 yang diterbitkan BPJS Kesehatan, rata-rata angka harapan hidup saat lahir laki-laki adalah 73,74 tahun. Sedangkan rata-rata angka harapan hidup saat lahir perempuan adalah 78,37 tahun.

Tabel ini diambil dari sampel data kurang lebih 254 juta peserta BPJS Kesehatan masa tindak lanjut 2018-2022.

Menurut Global Health Observatory Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), angka harapan hidup penduduk Indonesia pada tahun 2022 semakin pendek dibandingkan tren tahun 2010, yaitu 67,6 dibandingkan semula 68,5. Jika mengacu pada data WHO, rata-rata usia Indonesia pada tahun 2022 adalah 67,6 tahun, artinya turun 0,9 tahun dibandingkan tahun 2010. Dibahas Ganjar di Debat Capres, Segini Rata-rata Angka Harapan Hidup Warga RI

Meningkatkan layanan kesehatan dan meningkatkan daya beli masyarakat akan meningkatkan akses terhadap layanan kesehatan, memungkinkan mereka memenuhi kebutuhan gizi dan kalori, memungkinkan mereka mendapatkan pendidikan yang lebih baik sehingga mereka dapat menemukan pekerjaan yang menghasilkan pendapatan yang pada gilirannya akan meningkatkan kesehatan masyarakat dan memperluas cakupan kesehatan masyarakat. harapan hidup mereka. Simak video “Kementerian Kesehatan Ingin UU Kesehatan Dibahas dalam Debat Terakhir Jelang Pilpres” (kna/naf)