Dilarang Kemenkes, Benarkah Paracetamol Sirup Penyebab Utama Gangguan Ginjal Akut Misterius?

Selamat datang Steecy di Situs Kami!

Steecy – Kementerian Kesehatan baru-baru ini melarang penggunaan sirup parasetamol pada anak-anak karena meningkatnya infeksi ginjal akut (ISPA) belakangan ini. Melihat informasi tersebut, IDAI memastikan sirup parasetamol bukanlah penyebab utama gangguan ginjal aneh. Dilarang Kemenkes, Benarkah Paracetamol Sirup Penyebab Utama Gangguan Ginjal Akut Misterius?

Ketua Umum Pengurus Pusat IDAI, Dr. Piprim Basarah Yanuarso, SpA(K) mengatakan masih banyak kesalahpahaman di masyarakat bahwa sirup paracetamol menjadi penyebab utama gagal ginjal akut. Meski penggunaan sirup paracetamol tidak dilarang, namun hal ini dimaksudkan sebagai peringatan dini. Prabowo Janji Atasi Angka Kematian Ibu dengan Beri Makanan Bergizi Gratis

Ditegaskan dr Piprim, orang tua diminta untuk tidak menggunakan sirup parasetamol terlebih dahulu sebagai tindakan pencegahan dan mencegah masalah ginjal aneh yang mungkin terjadi pada anak. Foto obat sirup. Tips penggunaan sirup yang aman untuk anak. [DIANTARA]

“Sampai saat ini belum ada alasannya, permintaan untuk tidak menggunakan sirup paracetamol merupakan hal yang perlu diwaspadai, namun belum dapat dipastikan menjadi penyebab gangguan ginjal akut,” kata dr Piprim dalam jumpa pers, Selasa (18 / 10/2022).

Selain itu, alasan lain mengapa sirup paracetamol tidak bisa menjadi penyebab utama penyakit ginjal aneh adalah karena pada beberapa kasus terdapat penyebab lain mengapa anak menderita penyakit tersebut. Oleh karena itu, hingga saat ini belum diketahui secara pasti mengapa alasannya berbeda-beda.

“Belum sampai penyebabnya, ada kasus empat anak sakit, ketiga kakaknya diberi sirup paracetamol, baik-baik saja, tapi adiknya tidak diberi, malah kena AKI dan meninggal, jadi yang tidak minum sirup paracetamol juga punya masalah,” lanjut dr Piprim.

Dalam hal ini, indikasinya sirup parasetamol bukanlah penyebab utama anak mengalami gangguan ginjal aneh.

Dr Piprim mengatakan penelitian saat ini sedang dilakukan untuk menemukan penyebab utama penyakit yang menyerang anak-anak. Apalagi, selama ini penyebab dan pengobatan tiap pasien berbeda-beda.

“Karena ada satu orang yang mengidap AKI parah tapi bukan karena sirup paracetamol, sejauh ini sudah dilakukan penelitian. “Masalahnya adalah laporan berbeda dari satu tempat ke tempat lain” dan pengobatannya berbeda”, jelas Dr.

Untuk penyakit ginjal misterius ini, sejauh ini telah dilaporkan 192 kasus di Indonesia. Penyakit ginjal akut ini sejauh ini paling banyak dialami di wilayah DKI Jakarta dengan 50 kasus. Dilarang Kemenkes, Benarkah Paracetamol Sirup Penyebab Utama Gangguan Ginjal Akut Misterius?

Sedangkan Jawa Barat (24 kasus), Jawa Timur (24 kasus), Sumatera Barat (21 kasus), Nanggroe Aceh Darussalam (18 kasus), Bali (17 kasus), serta provinsi lainnya kurang dari 10 digit.