DKI Siapkan Puskesmas dan RSUD untuk Tangani Caleg Stres dan Gangguan Mental

Wecome Steecy di Website Kami!

Steecy, Jakarta Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta Ani Ruspitawati mengatakan pusat layanan kesehatan siap memberikan layanan kesehatan jiwa kepada calon anggota parlemen dan peserta pemilu yang mengalami gangguan dan gangguan mental. DKI Siapkan Puskesmas dan RSUD untuk Tangani Caleg Stres dan Gangguan Mental

“Jika ada pemilih, calon legislatif, atau partai sukses (Timses) yang kesusahan karena gagal hingga mengalami gangguan jiwa atau gangguan jiwa dan membutuhkan pertolongan psikologis, maka kami siap. Mereka tersebar di 25 Puskesmas se-DKI. Jakarta dan 13 RSUD,” kata Antara Ani Ruspitawati.

Secara umum, kata Ani, stres dan tekanan mental bisa terjadi pada calon legislatif yang gagal. Mulai skrining di Puskesmas 5 Makanan Penyeimbang Hormon Wanita, Bisa Tingkatkan Mood-Stabilkan Haid

Proses pelayanan kesehatan jiwa dilakukan secara bertahap. Diawali dengan diagnosis di puskesmas setempat, selanjutnya Anda dapat dirujuk ke rumah sakit setempat yang memiliki layanan kejiwaan, termasuk pengobatan oleh psikiater.

Berikut beberapa puskesmas di DKI Jakarta yang melayani gangguan kesehatan jiwa.

Jakarta Pusat: Puskesmas Cempaka Putih, Puskesmas Gambir, Puskesmas Johar Baru, Puskesmas Kemayoran, Puskesmas Menteng, Puskesmas Sawah Besar, Puskesmas Senen dan Dinas Kesehatan Tanah Abang.

Jakarta Utara: Puskesmas Cilincing.

Jakarta Barat: Puskesmas Palmerah, Puskesmas Tamansari, dan Puskesmas Kembangan.

Jakarta Selatan: Puskesmas Pancoran, Puskesmas Tebet, Puskesmas Setiabudi, Puskesmas Mampang Prapatan, Puskesmas Kebayoran Lama, Puskesmas Kebayoran Baru dan Puskesmas Cilandak.

Jakarta Timur: Puskesmas Kecamatan Pasar Rebo, Puskesmas Kecamatan Ciracas, Puskesmas Kecamatan Cipayung, Puskesmas Kecamatan Kramatjati, Puskesmas Kecamatan Duren Sawit dan Puskesmas Kecamatan Matraman.

Sebelumnya, Anggota DPRD DKI Abdul Aziz meminta Pemda DKI meningkatkan fasilitas kesehatan jiwa (faskes) bagi peserta pemilu sebagai antisipasi kegagalan. DKI Siapkan Puskesmas dan RSUD untuk Tangani Caleg Stres dan Gangguan Mental

“Kami mengimbau Dinas Kesehatan DKI mengambil langkah proaktif mempersiapkan fasilitas kesehatan menjelang pemilu,” kata Aziz.

Aziz menjelaskan, sumber daya khusus kesehatan jiwa penting dilakukan karena peserta pemilu, khususnya calon legislatif, cenderung memiliki tingkat stres yang lebih tinggi.