Dokter Mata Bilang Orang Jorok Dilarang Pakai Softlens, Memang Apa Sih Bahayanya?

Sugeng rawuh Steecy di Portal Ini!

Steecy – Penggunaan lensa kontak kerap menjadi alternatif bagi penderita kondisi mata minus atau plus yang enggan memakai kacamata. Namun dokter mata mengatakan bahwa orang kotor sebaiknya tidak memakai lensa kontak. Apa sekarang? Dokter Mata Bilang Orang Jorok Dilarang Pakai Softlens, Memang Apa Sih Bahayanya?

Selain untuk mengatasi masalah mata, lensa kontak juga sering digunakan untuk keperluan kosmetik. Warna lensa kontak yang berbeda dinilai membuat mata semakin menarik. Namun di balik itu, ada hal yang perlu diperhatikan saat menggunakannya. Kemenkes Terima 13 Laporan Petugas KPPS Meninggal saat Bertugas di Pemilu 2024

Oleh karena itu, lensa kontak harus sering dibersihkan. Spesialis mata Prof. kata Dr. Nila F Moeloek, Sp.M(K)., menyarankan jika seseorang malas menjaga kebersihan sebaiknya tidak menggunakan lensa kontak. Mantan Menteri Kesehatan Nila Moeloek. (Steecy/Tio)

“Kalau kotor sebaiknya jangan. Ada kalanya harus buka, cuci, balik, buka tidur,” kata Prof. Nila ditemui di Jakarta beberapa waktu lalu.

Menkes menambahkan untuk periode 2014-2019 sebaiknya lensa kontak dilepas saat tidur agar tidak menutupi bola mata. Ia menjelaskan, lensa kontak yang dipasang menempel langsung pada kornea mata. Dengan demikian, otomatis masuknya oksigen akan terhambat.

Kurangnya oksigen ini membuat bakteri lebih mudah masuk ke mata.

“Mampet, jadi tidak ada oksigen. Kalau oksigennya habis, ada sedikit bakteri yang masuk di antara kornea dan lensa kontak, ada sedikit luka di mata. Bisa jadi cedera, ulkus kornea. .. Jadi harus hati-hati,” sarannya.

Namun menurutnya, penggunaan lensa kontak justru lebih baik untuk penglihatan dibandingkan kacamata. Namun, Anda juga perlu lebih berhati-hati saat menggunakannya karena lensanya langsung menempel pada bola mata. Dokter Mata Bilang Orang Jorok Dilarang Pakai Softlens, Memang Apa Sih Bahayanya?

“Bisa pakai, tapi harus tahu aturannya. (Softlens) sebenarnya lebih bagus karena memberi tekanan pada kornea. Kalau kacamata, kadang kita gitu (jatuh), jadi fokusnya kurang bagus, tapi itu bagus.” lebih aman., “katanya.

Sementara itu mengenai konsumsi wortel untuk kesehatan mata, Prof. Nila menjelaskan, sayuran tersebut mengandung vitamin A yang baik untuk mata. Namun, bukan berarti bisa menyembuhkan atau menghilangkan penyakit mata seperti mata minus atau plus.