GPISS Besutan Agus Fatoni Berhasil Kendalikan Inflasi Sumsel Awal 2024

Sugeng rawuh Steecy di Portal Ini!

Steecy, JAKARTA – Digagas Agus Fatoni, Pj Gubernur Sumatera Selatan (Sumcel), Program Pengendalian Inflasi Serentak Sumsel (GPISS) berhasil menahan inflasi di Sumsel pada awal tahun 2024. GPISS Besutan Agus Fatoni Berhasil Kendalikan Inflasi Sumsel Awal 2024

Badan Pusat Statistik (BPS) Sumsel menyebutkan daerah tersebut mengalami deflasi pada Januari 2024 (bulanan) sebesar 0,08 persen, dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang inflasinya mencapai 3,35 persen. Trend Asia Soroti Hilirisasi Nikel Jokowi Masih Bergantung pada PLTU Batu Bara: Memperburuk Kualitas Udara

BACA JUGA: Inflasi Palembang Turun Berkat Bantuan Sembako

Faktanya, dari 38 provinsi di Indonesia, Sumatera Selatan merupakan salah satu dari 12 provinsi yang mengalami deflasi, sedangkan 26 provinsi lainnya mengalami inflasi, kata Fatoni dalam keterangannya, Selasa (6/2).

Fatoni menjelaskan, Sumsel berhasil mengendalikan inflasi meski memasuki tahun baru.

BACA JUGA: Pj Gubernur Agus Fatoni berhasil menekan inflasi dan deflasi di Sumsel, kata Kepala BPS

“Program Pengendalian Inflasi Serentak (GPISS) di Sumsel terbukti mampu mengendalikan tekanan inflasi yang biasa muncul di awal tahun,” ujarnya.

GPISS merupakan upaya bersama antara pemerintah daerah, TNI/Polri, BUMN, BUMD, Swasta dan CSR untuk mengendalikan inflasi di Sumsel.

Melalui operasi pasar, gerakan pangan terjangkau (GPM) dan pasar aksesibel terbukti mampu mengantisipasi potensi kenaikan harga pangan di pasar secara serentak di seluruh wilayah/kota.

Hal ini terlihat pada deflasi pada Januari 2024, kelompok makanan, minuman, dan tembakau memberikan sumbangan deflasi terbesar yaitu sebesar 0,03 persen, kata Fatoni. GPISS Besutan Agus Fatoni Berhasil Kendalikan Inflasi Sumsel Awal 2024

Pada tahun 2024, Sumsel akan memiliki dua wilayah pemantauan inflasi baru yaitu Kabupaten OKI dan Kabupaten Muara Enim yang akan bergabung dengan pemantauan dua kota sebelumnya yaitu Kota Palembang dan Lubuk Linggau. Empat kota/daerah pemantauan IHK di Provinsi Sumsel mengalami deflasi pada Januari 2024 dibandingkan Desember 2023.

“Program ini akan dilanjutkan dan diintegrasikan dengan program lain dalam rangka kemiskinan ekstrem dan stunting di Sumsel,” kata Fatoni. (Bahasa Jepang)