Inovatif, Kemenag Luncurkan Pencitraan Virtual 360 Candi Borobudur

Selamat datang Steecy di Situs Kami!

Steecy Edukasi – Direktorat Jenderal Kepemimpinan Budha (Kemenag) Kementerian Agama sukses besar. pada tahun 2024 Pada Sabtu 6 Januari, Kementerian Agama merilis tampilan Borobudur 360 secara virtual bersamaan dengan acara Devotion Experience (Dev-X) yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta. Inovatif, Kemenag Luncurkan Pencitraan Virtual 360 Candi Borobudur

Mulut

Virtual 360 merupakan cara baru mengunjungi Candi Borobudur tanpa harus datang ke Magelang, Jawa Tengah. Inovasi sangat bermanfaat bagi banyak aspek ilmu pengetahuan dan agama.

Peluncuran ditandai dengan melihat pemandangan Borobudur secara virtual 360 di stand pameran Direktorat Jenderal Kepemimpinan Masyarakat Budha. Diawali oleh Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Publik Kementerian Agama (HDI) Akhmad Fauzin, para pengunjung bergantian menikmati tur virtual Borobudur. AEHEF 2023 Digelar Virtual, Buka Lebar ‘Gerbang’ Pendidikan Tinggi ASEAN-Uni Eropa

Dirjen Bimas Budha Supriyadi mengatakan masyarakat juga dapat menikmati foto virtual 360 dengan mengunjungi website Ditjen Bimas Budha melalui link https://bimasbuddha.kemenag.go.id/borobudur/360/.

Menurut Supriyadi, layanan virtual imaging Borobudur 360 ditawarkan untuk mendukung peran Candi Borobudur sebagai situs warisan dunia dan pusat peribadatan umat Buddha di seluruh dunia.

Pelayanan ini juga diharapkan dapat memudahkan bagi yang ingin mengetahui dan mempelajari secara seksama relief-relief yang terpahat di Borobudur.

“Kunjungi website kami untuk melihat Borobudur secara virtual 360 view. Ini bagian dari wisata digital dan edukasi keagamaan. Semoga bermanfaat,” kata Supriyadi.

Borobudur adalah candi Budha terbesar di dunia. Menurut Supriyadi, pada tahun 2021 Dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pengurus Masyarakat Budha No. 26 Candi Borobudur telah dikukuhkan sebagai pusat kegiatan peribadatan umat Buddha di Indonesia dan dunia.

Di sisi lain, UU Cagar Budaya juga mendefinisikan peran Candi Borobudur sebagai warisan dunia yang harus dilindungi.

“Pemanfaatan Borobudur 360 Virtual Imaging diharapkan dapat memperkuat kebanggaan masyarakat Indonesia terhadap warisan budayanya. Umat Buddha khususnya, program ini dapat menjadi destinasi wisata religi yang bermanfaat di era digital,” kata Supriyadi.

Akhmad Fauzin, Kepala Kantor HDI Kementerian Agama, juga menyatakan Kementerian Agama terus berupaya menggarap candi sebagai tempat ibadah. Ada Candi Borobudur untuk umat Budha dan Candi Prambanan untuk umat Hindu.

“Selama ini candi-candi tersebut hanya dianggap sebagai cagar budaya dan cagar budaya, namun fungsi religinya masih kecil. Sekarang ditambah lagi,” jelas Ahmed Fauzin.

Menurut Fauzin, tersedianya gambar Borobudur secara virtual 360 derajat merupakan sebuah langkah maju karena memberikan manfaat lebih dalam mempermudah ibadah umat Buddha. Inovatif, Kemenag Luncurkan Pencitraan Virtual 360 Candi Borobudur

Lindra Hismanto dari Studio Ubud mengatakan, proses desain Borobudur 360 Virtual Imaging versi Kementerian Agama memakan waktu hampir dua bulan. Sedangkan syutingnya berlangsung selama empat hari.

“Kami mengambil sedikitnya 700 foto untuk melengkapi aplikasi ini. Sudut pengambilan gambar yang luas dan kualitas pencahayaan yang optimal membuat aplikasi Kemenag ini layak untuk dikunjungi, kata Lindra.

Sejumlah pengunjung Paviliun Direktorat Jenderal Kepemimpinan Buddha terlihat menggunakan perangkat virtual reality (VR) dalam upaya melihat pemandangan Borobudur secara virtual 360. Tak satu pun dari mereka yang terkejut karena sepertinya mereka berada tepat di dalam Candi Borobudur.

“Luar biasa, serasa berada di dalam Candi Borobudur,” kata Haniefa, salah satu pengunjung kolom Bimas Buddha. Menag Sebut Hari Pers Nasional: Terus Edukasi dan Perkuat Solidaritas Masyarakat Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas merayakan Hari Pers Nasional (HPN) 2024. Ia berharap media Indonesia terus berkembang dan memberikan pencerahan. Steecy 2024 9 Februari