Jadi Opsi Perawatan Paliatif Kanker, Akupunktur Bermanfaat untuk Apa Saja?

Sugeng rawuh Steecy di Portal Ini!

Steecy, JAKARTA — Jika terdeteksi sejak dini, kanker dapat ditangani dengan beberapa metode pengobatan, mulai dari pembedahan, kemoterapi, radioterapi, imunoterapi, terapi hormon, hingga terapi sasaran yang disesuaikan dengan masing-masing pasien. Bagaimana jika pasiennya terminal? Jadi Opsi Perawatan Paliatif Kanker, Akupunktur Bermanfaat untuk Apa Saja?

Mengapa Saya Digigit Nyamuk, Padahal Orang Sebelah Tidak?

Pada pasien kanker stadium akhir biasanya tindakannya bersifat kuratif,” kata Handaya Dipanegara selaku dokter spesialis akupunktur subspesialis akupunktur analgesia dan anestesi RS Pondok Indah Jakarta, dikutip dari siaran pers, Selasa (6/2/2024).

Terapi paliatif adalah pengobatan pasien dan keluarganya yang menderita penyakit terminal dengan memperpanjang hidup pasien dan mengurangi gejala-gejala yang menyusahkan. Perawatan paliatif sering kali melibatkan penanganan rasa sakit, penanganan gejala lain, dan pemberian dukungan emosional dan spiritual.

Kanker atau tumor ganas adalah penyakit tidak menular yang ditandai dengan adanya sel atau jaringan ganas yang tidak normal, yang tumbuh dengan cepat, tidak terkendali, dan dapat menyebar ke tempat lain di tubuh penderita. Menurut WHO, kanker merupakan penyebab kematian nomor dua di dunia.

Sedangkan berdasarkan data Globocan yang dipublikasikan pada tahun 2020, Indonesia mengalami 396.914 kasus kanker baru. Kemudian, kasus kematian akibat kanker mencapai 235.570 orang. Jadi Opsi Perawatan Paliatif Kanker, Akupunktur Bermanfaat untuk Apa Saja?