Jangan Cuma Jas Hujan, Siapkan Perlengkapan Ini saat Naik Motor Basah-basahan

Sugeng rawuh Steecy di Portal Ini!

JAKARTA, 1 Februari 2024 – Musim hujan menjadi masa yang berat bagi pengendara sepeda motor. Jalan licin, jarak pandang terbatas, dan cuaca buruk meningkatkan risiko kecelakaan. Jangan Cuma Jas Hujan, Siapkan Perlengkapan Ini saat Naik Motor Basah-basahan

Oleh karena itu, pengendara sepeda motor harus mempersiapkan diri dengan baik sebelum memasuki musim hujan. Salah satu persiapan yang paling penting adalah memastikan kelengkapan perlengkapan berkendara.

Berikut beberapa perlengkapan sepeda motor yang harus dipersiapkan menjelang musim hujan yang dibawakan Steecy Otomotif dari laman Suzuki Indonesia: Mobil SUV Canggih Buatan Indonesia Diekspor ke Luar Negeri

1. Jas hujan merupakan perlengkapan pokok yang harus dibawa saat musim hujan. Pilihlah jaket yang terbuat dari bahan anti air yang tidak mudah sobek. Ada berbagai jenis jas hujan seperti ponco, jas dan mantel. Pilih model yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

2. Helm Anti Kabut Pinlock Hujan deras dapat menyebabkan terbentuknya es atau kabut pada helm. Hal ini disebabkan adanya perbedaan suhu yang terjadi antara udara dingin dan napas Anda. Jika dibiarkan akan merusak tampilan.

Untuk menghindarinya, sebaiknya siapkan helm dengan anti fog pinlock atau anti fog visor. Bila perlu siapkan cairan khusus yang bisa digunakan untuk membersihkan kaca helm agar bening setelah hujan deras.

3. Sepatu Tahan Air Alas kaki jenis ini didesain untuk menjaga kaki tetap kering dan terlindungi. Pilih sepatu tahan air dengan jahitan tertutup dan bahan tahan air. Jangan lupa untuk memilih ukuran yang tepat agar air hujan tidak masuk ke dalam sepatu Anda.

4. Sarung Tangan Tahan Air Perlengkapan berkendara tahan air selanjutnya yang harus Anda miliki adalah sepasang sarung tangan. Carilah sarung tangan tahan air agar tangan Anda tetap kering.

Selain itu, sarung tangan ini anti slip sehingga dapat mencengkeram kemudi.

5. Pakaian atau tas tahan air Bagi pemilik sepeda motor yang melengkapi kendaraannya dengan boks sepeda motor, koper atau tas sadel, sebaiknya memberikan perlindungan tambahan berupa cover kedap air agar barang bawaannya tetap kering.

Sedangkan bagi yang tidak berkemas sebaiknya menggunakan tas yang pintunya kedap air. Sebagai tindakan pencegahan, disarankan untuk mengemas lebih banyak saat musim hujan. Jangan Cuma Jas Hujan, Siapkan Perlengkapan Ini saat Naik Motor Basah-basahan

6. Perlengkapan Hujan Perlengkapan ini tidak wajib, namun setidaknya rompi anti air akan memberikan perlindungan ekstra dari angin dan hujan selama perjalanan Anda.

7. Pakaian Tahan Air Jika Anda memiliki uang ekstra, tidak ada salahnya untuk memiliki pakaian tahan air yang didesain khusus untuk pengendara sepeda motor. Seperti rompi, pakaian tahan air ini memberikan perlindungan ekstra dan melindungi Anda dari angin dan hujan. Merawat sepeda motor lebih dari sekedar mengganti oli.. Mengganti oli memang penting, namun ada ritual tambahan yang diperlukan agar mesin tetap menyala. Steecy 9 Februari 2024