Jokowi Tunjuk 3 Kementerian buat Hadapi Gugatan Pengusaha ke MK soal Pajak Hiburan

Selamat datang Steecy di Situs Kami!

Jakarta – Jokowi Tunjuk 3 Kementerian buat Hadapi Gugatan Pengusaha ke MK soal Pajak Hiburan

Gabungan Industri Pariwisata Indonesia atau GIPI akan mengajukan uji materi (JR) pajak hiburan ke Mahkamah Konstitusi (KC) hari ini. Dividen BUMN Tertinggi Sepanjang Sejarah, Tahun Ini Dikejar Rp 85 T

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Manperekraf) Sandiaga Uno mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menunjuk tiga kementerian untuk mewakili pemerintah Indonesia dalam gugatan tersebut.

“Sekarang sudah ada perintah dari Presiden (Jokowi) atas nama Pemerintah Indonesia. Ada tiga kementerian yang akan diadili di Mahkamah Konstitusi, Kementerian Keuangan, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, dan Kementerian Indonesia. .Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” kata Sandi saat ditemui di Kantor Koordinasi Kementerian Kelautan dan Perikanan di Jakarta Pusat (02/07/2024), Rabu.

Sandy menambahkan, saat ini pemerintah terus mendorong pemerintah daerah (PEMDA) untuk menggunakan kewenangannya dalam memberikan insentif sebagai keringanan kepada pengusaha.

Hal ini sejalan dengan surat edaran (CC) Menteri Dalam Negeri (MHA) tentang instruksi kepada kepala daerah untuk memberikan insentif pajak kepada pelaku usaha hiburan. GST yang lebih tinggi sebesar 40-75% diperkirakan akan dihapuskan untuk barang dan jasa tertentu (GST).

“Keputusan sudah kami ambil, diberikan arahan untuk memberi semangat kepada pemerintah daerah agar pengusaha tidak merasa terbebani,” kata Sandy.

Ia juga mencontohkan, banyak daerah yang memanfaatkan BUMN dan menerapkan keringanan pajak hiburan bagi pengusaha di daerahnya. Jokowi Tunjuk 3 Kementerian buat Hadapi Gugatan Pengusaha ke MK soal Pajak Hiburan

“Beberapa daerah seperti Bali dan Labuan Bajo sudah melakukan perubahan. Banyak pemerintah daerah yang melakukan perubahan,” ujarnya. (shc/kil)