Kasus Polio Kembali Ditemukan, Ini Pemicunya

Sugeng rawuh Steecy di Portal Ini!

KLATEN – Kementerian Kesehatan baru-baru ini menetapkan Keadaan Darurat (KLB) akibat penyakit polio di Klaten, Jawa Tengah. Penetapan status KLB di Klaten menyusul ditemukannya kasus positif pada seorang anak perempuan berusia enam tahun di Kabupaten Manisengo. Kasus Polio Kembali Ditemukan, Ini Pemicunya

Berdasarkan informasi Kementerian Kesehatan, seorang anak perempuan berusia enam tahun mengalami kelumpuhan akut pada 20 November 2023 hanya dengan dua tetes imunisasi polio (OPV). Buka informasi lebih lanjut. 5 Khasiat Kayu Manis untuk Penderita Diabetes yang Perlu Anda Ketahui

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan pandemi COVID-19 yang terjadi belakangan ini telah mengganggu program vaksinasi polio di beberapa daerah seperti Aceh dan Klaten.

“Itulah sebabnya kami melihat beberapa kasus polio meningkat karena vaksinasi ketika COVID-19 kurang. Jadi dampaknya terlihat,” kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin kepada awak media di Istana Negara, Jumat, 5 Desember 2024.

Pasca ditetapkannya KLB di beberapa daerah di Indonesia, Kementerian Kesehatan mulai menggalakkan vaksinasi dan juga meningkatkan vaksinasi polio di daerah tersebut.

“Jadi yang kita lakukan sama seperti di Aceh dan Sumatera. Itu akan terus kita lakukan. Vaksinasi polio akan kita tambahkan di daerah-daerah itu. Tapi di Sumut dan Sumbar juga kita alami,” jelasnya.

Sementara itu, dalam keterangan resmi Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan dr. Maki Rein Rondonuvu, Menyusul ditemukannya kasus kelumpuhan di Jawa Tengah akibat virus polio, Kementerian Kesehatan memastikan seluruh anak usia 0 hingga 7 tahun di seluruh wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur, serta Kabupaten Sleman, DIY Provinsi akan menerima 2 dosis tambahan obat tetes poliomielitis selama kegiatan parsial. Pekan Imunisasi Nasional (Sub PIN) dilaksanakan mulai tanggal 15 Januari 2024.

Maki juga menemukan beberapa faktor risiko penularan virus polio, antara lain rendahnya cakupan imunisasi polio, kondisi lingkungan yang tidak sehat, dan praktik kebersihan yang buruk seperti buang air besar sembarangan di sungai atau sumber air yang juga digunakan sehari-hari. Kasus Polio Kembali Ditemukan, Ini Pemicunya

Maxey menjelaskan, jika virus polio masuk ke dalam tubuh anak yang belum mendapat vaksinasi polio atau yang vaksinasi polionya belum lengkap, maka virus akan sangat mudah berkembang biak di saluran pencernaan dan menyerang sistem saraf anak hingga menyebabkan kelumpuhan. Mirisnya, 17 ribu anak Gaza menjadi yatim piatu Sekitar 17 ribu anak di Jalur Gaza kini hidup tanpa salah satu atau kedua orang tuanya akibat terbunuhnya tentara Israel sejak 7 Oktober 2023. Steecy 9 Februari 2024.