Kemendikbudristek Buka Pendaftaran IISMA 2024, Kuota Peserta Melonjak

Sugeng rawuh Steecy di Website Kami!

Steecy, Jakarta – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah membuka pendaftaran Indonesia International Student Mobility Award (IISMA) 2024. mulai Selasa (23/1) hingga Rabu (14/2) melalui portal IISMA. Kemendikbudristek Buka Pendaftaran IISMA 2024, Kuota Peserta Melonjak

Direktur Pendidikan Tinggi, Ristek, dan Teknologi Nizam menghimbau para mahasiswa untuk memanfaatkan kesempatan emas ini melalui berbagai persiapan.

Baca juga: Kunjungan Kemendikbud, Aliansi Kehormatan Usulkan 4 Hal untuk P/TL dan Tendik, Termasuk Pembentukan PPPK 2024

“Bekali diri Anda dengan bahasa asing yang baik dan pilih program studi yang semakin beragam di universitas terkemuka dunia,” kata Nizam, Kamis (25/1). DPR akan Panggil Kemendikbudristek Bahas Polemik Pembayaran UKT Libatkan Pinjol

IISMA merupakan salah satu dari delapan program unggulan dalam Kebijakan Perguruan Tinggi Merdeka Belajar (MBKM) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudritek) bekerja sama dengan Badan Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) melalui Dinas Pendidikan Tinggi. . , Riset dan Teknologi.

Baca Juga: Mahasiswa UPJ Raih Beasiswa Internasional IISMA 2023, Luar Biasa

Program IISMA akan dimulai pada tahun 2021 dengan tujuan untuk memberikan hak dan kesempatan bagi mahasiswa S1 semester 4 hingga 6 untuk belajar di universitas terkemuka di luar negeri dalam bentuk beasiswa yang menjadi mitra Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mahasiswa dapat mengikuti kursus pengembangan diri di universitas mitra yang menarik maupun di luar negeri dan sesuai dengan persyaratan yang berlaku di universitas asal mahasiswa.

Baca Juga: 16 Mahasiswa Media Lolos IISMA Untuk Kuliah di Luar Negeri

Nizam mengatakan, tahun ini IISMA menyeleksi calon penerima beasiswa melalui tiga sistem, yakni reguler, konfirmasi, dan co-funding.

Skema regulernya adalah beasiswa penuh dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Skema Afirmasi merupakan hibah penuh bagi siswa dari daerah tertinggal yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hal ini sesuai dengan Peraturan Presiden No. 63 Tahun 2020 tentang Penetapan Daerah Tertinggal Tahun 2020-2024 atau Mahasiswa Penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP-Kuliah) atau Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidikmisi.

IISMA tahun ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa terbaik Indonesia tanpa terkecuali.

Bapak Suning Kusumvardhani, Direktur Akademik dan Kemahasiswaan, mengatakan program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa senior dari Sabang hingga Merauke untuk belajar selama satu semester. Kemendikbudristek Buka Pendaftaran IISMA 2024, Kuota Peserta Melonjak

Mereka juga menjadi duta nasional universitas-universitas terbaik di luar negeri dengan dukungan finansial dari pemerintah Indonesia.

“Jumlah kuota yang dibuka tahun ini bertambah 3.000-3.300 peserta, dengan mitra multipel dari 140-150 universitas yang tersebar di 30 negara,” pungkas Nizam. (esy/jpnn)

Baca artikel lainnya… Minat Meningkat, Kuota IISMA 2022 Meningkat