Kemenkes Targetkan Ada Rumah Sakit Utama Layanan Kanker di Tiap Provinsi

Selamat datang Steecy di Website Kami!

Steecy, Jakarta – Kementerian Kesehatan menargetkan memiliki rumah sakit kanker primer di setiap provinsi. Rumah sakit kanker primer adalah rumah sakit yang dilengkapi untuk melakukan terapi radiasi, kanker stadium lanjut, dan kemoterapi. Kemenkes Targetkan Ada Rumah Sakit Utama Layanan Kanker di Tiap Provinsi

Tujuan ini merupakan bagian dari upaya reformasi kesehatan, khususnya reformasi layanan rujukan. Salah satu program reformasi rujukan adalah Program Pemberdayaan Rumah Sakit yang bertujuan untuk meningkatkan ketersediaan layanan rujukan, meningkatkan kapasitas dan mengembangkan sumber daya manusia rumah sakit.

Program ini bertujuan tidak hanya untuk memiliki rumah sakit utama dengan layanan kanker di negara bagian tersebut, tetapi juga untuk memiliki layanan perantara di setiap distrik. Rumah sakit perantara adalah rumah sakit yang dapat melakukan operasi tumor primer dan kemoterapi. 4 Kebiasaan Sehari-hari yang Tak Disangka Bisa Bikin ‘Umur Panjang’

Program penjangkauan rumah sakit ini merupakan kemitraan antara RSCM dan RSUD Dr. Hal itu diwujudkan melalui perjanjian kerja sama antara beberapa rumah sakit umum di berbagai daerah. H. Abdul Moeloek Lampung, RSUP Dr. Sitanala Tangerang, RSUD Banten, dr. Soedarso Pontianak dan RSUD Ulin Banjarmasin.

Perjanjian kerjasama yang menyasar infertilitas telah ditandatangani pada Senin (5/2/2024) di RSCM, Jakarta.

“RSCM sebagai rumah sakit penunjang daerah bertanggung jawab dalam kegiatan dukungan, pelayanan praktis dan advokasi melalui pendidikan, pelatihan motivasi dan deteksi dini. Diharapkan RSCM mampu meningkatkan keterampilan rumah sakit yang dikelolanya,” kata Wakil Menteri Kesehatan, Profesor Dante Saxono Harbuono. .

“Kanker merupakan masalah besar di Indonesia karena angka kematian yang masih tinggi dan biaya pengobatan yang tinggi. “Akan ada 400.000 kasus kanker di Indonesia pada tahun 2022. Oleh karena itu, kami membuat program gizi dimana pelayanan kanker di daerah harus setara dengan pelayanan kanker di pusat,” ujarnya. RSCM, Jakarta.

Dukungan diberikan dengan mendelegasikan rumah sakit umum seperti RSCM ke rumah sakit umum. Stratifikasi kemudian dilakukan pada fasilitas kesehatan primer seperti RS primer, RS sekunder, dan puskesmas.

Dukungan rumah sakit juga akan diperkuat dengan menyediakan pasokan obat yang cukup dan memastikan obat lokal memiliki kualitas yang setara dengan obat impor. Harapannya, pasien tidak perlu lagi berobat ke luar negeri.

Kami berharap perubahan layanan rujukan ke rumah sakit dapat meningkatkan deteksi dini kanker. Dante menjelaskan bahwa sebagian besar kanker tidak diobati karena kurangnya deteksi dini, keterlambatan diagnosis, dan kurangnya pengobatan kanker. Semua ini menyebabkan kurangnya akses, pelayanan rumah sakit yang tidak memadai, kekurangan peralatan medis, kekurangan dokter spesialis, dan sumber daya manusia yang tidak memadai.

“Banyak pasien menjadi mabuk. Jika kita melihat aspek deteksi dini kanker, ada banyak faktor yang berkontribusi. “Hal serupa akan diselesaikan melalui sistem perawatan yang dibuat Kementerian Kesehatan sebagai salah satu program nasional untuk mengatasi beberapa penyakit progresif yang membutuhkan biaya tinggi dan penting untuk dievaluasi,” kata profesor tersebut. Dante.

Direktur Jenderal RSCM Dr. Supriyanto mengatakan, dukungan RSCM akan fokus pada pelayanan empat jenis kanker utama, yaitu kanker serviks, paru-paru, dan kanker anak.

Melalui kemitraan ini, rumah sakit pemerintah di wilayah tersebut berharap dapat memperluas jangkauan dan akses masyarakat terhadap layanan kesehatan berkualitas, khususnya layanan kanker. Kemenkes Targetkan Ada Rumah Sakit Utama Layanan Kanker di Tiap Provinsi

RSCM bertujuan untuk melaksanakan program ini secara efektif dan efisien.

Direktur Utama Dr. “Kami yakin kami dapat membuat perbedaan yang signifikan dalam pencegahan kanker di Indonesia,” ujarnya. Supriyanto.