Kerja Sama dengan Pinjol Danacita, ITB Tegaskan tak Dapat Untung

Selamat datang Steecy di Portal Ini!

Steecy, BANDUNG — Pimpinan ITB mengungkapkan tidak ada keuntungan yang didapat dari kerja sama dengan Danacita, lembaga pembiayaan atau peminjaman online (piñol). Mereka mengklaim kehadiran Danchita untuk membantu para pelajar yang mengalami kesulitan keuangan. Kerja Sama dengan Pinjol Danacita, ITB Tegaskan tak Dapat Untung

“Dana Ambisi merupakan kerjasama ITB untuk membantu mahasiswa yang mempunyai permasalahan keuangan, tidak ada kaitannya dengan pemasukan ITB,” ujar Profesor Muhammad Abduh, Wakil Rektor Bidang Keuangan, Perencanaan dan Pengembangan ITB di gedung ITB. 31/1/2024). 27 TB Ranger Siap Bekontribusi untuk Eliminasi TBC di Sulsel

Ia menegaskan, pendapatan ITB berasal dari mahasiswa yang membayar biaya kuliah tunggal (UCT). Abduh menegaskan, ITB tidak memberikan pinjaman karena bukan lembaga keuangan.

“Tidak ada apa-apa mas, tidak ada (untungnya). Menurut saya ITB ini tidak memberikan pinjaman. ITB tidak memberikan pinjaman, ITB bukan lembaga keuangan,” ujarnya.

Ia menegaskan, pihak kampus tidak memanfaatkan kerja sama Dancita. Mereka hanya ingin Dancita bekerja sama dengan para siswa.

“Dancetta tidak mendapat keuntungan sepeser pun dari kolaborasi tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Keuangan ITB Anas Maruf menjelaskan, pendapatan ITB berasal dari berbagai sumber, artinya pendanaan UKT sudah mencapai 33 persen. Pendanaan sebesar 29 persen berasal dari APBN, sedangkan pendanaan dari swadaya sebesar 38 persen.

Dia mengatakan dana yang dicari akan dikumpulkan sendiri melalui hibah, pendidikan, penelitian, dan investasi yang memungkinkan. Kebutuhan pendanaan ITB setiap tahunnya mencapai Rp 1,9 triliun.

“Saya sampaikan kepada mahasiswa bahwa Anda membayar sepertiganya ke ITB dan sisanya Anda dapatkan dari pembayar pajak,” ujarnya.

Sebelumnya, jagat media sosial sontak bereaksi negatif terhadap postingan netizen tersebut. Kerja Sama dengan Pinjol Danacita, ITB Tegaskan tak Dapat Untung

Terlihat pada postingan tersebut terdapat foto lembar informasi tentang program cicilan biaya kuliah bulanan Institut Teknologi Bandung (ITB). Program ini bekerja sama dengan pihak ketiga.

Dalam selebaran tersebut disebutkan bahwa pihak ketiga tersebut merupakan mitra resmi ITB. Selain itu, ada program cicilan enam bulan hingga 12 bulan. Proses pengajuannya tanpa uang muka (DP) dan tanpa jaminan apapun.