Makanan Lezat yang Bisa Bantu Turunkan Kolesterol

Wecome Steecy di Website Kami!

Steecy, JAKARTA. Kolesterol tinggi merupakan faktor risiko beberapa masalah kesehatan yang lebih serius, seperti penyakit jantung. Memperbaiki pola makan adalah salah satu kunci yang dapat membantu mengontrol kolesterol Anda. Makanan Lezat yang Bisa Bantu Turunkan Kolesterol

Kabar baiknya, ada makanan yang bisa menurunkan kolesterol tinggi dan memberi kita kolesterol baik, yang penting untuk menjaga arteri kita tetap bersih, kata pakar nutrisi Ashley Tosh, seperti dilansir Senin’s Express (2/5/2024).

Tak kalah menariknya, masakan yang direkomendasikan Tosh juga enak dan lezat. Berikut lima makanan yang direkomendasikan Tosh untuk mengendalikan kolesterol: Mengintip Fasilitas Mayo Clinic di AS, RS Pelat Merah RI Ditantang Bisa Sekelas Ini

1. buah beri

Buah beri kaya akan antioksidan dan serat, yang dapat membantu menurunkan kolesterol. Beberapa contoh buah beri adalah stroberi, blueberry, dan raspberry. Tosh merekomendasikan untuk memakan buah beri secara langsung atau mengolahnya untuk menu sarapan dan cocktail.

2. Ikan berlemak

Ikan berlemak, seperti salmon, merupakan sumber asam lemak omega-3 yang dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL dalam tubuh. Kadar kolesterol baik yang lebih tinggi dapat membantu mengontrol kadar kolesterol agar tetap sehat.

3. Alpukat

Alpukat dikenal sebagai buah bertekstur lembut dan lezat yang kaya akan lemak sehat. Mengonsumsi alpukat dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Namun konsumsi buah alpukat tidak boleh berlebihan karena kandungan lemak pada buah alpukat tergolong tinggi.

4. Kacang

Kacang bisa menjadi camilan ringan yang kaya akan lemak dan serat sehat. Konsumsi kacang-kacangan secara teratur dapat membantu mengontrol kolesterol dan mendukung kesehatan jantung. Tosh merekomendasikan makan sekitar 1-2 ons, atau sekitar 28-56 gram kacang-kacangan per hari. Makanan Lezat yang Bisa Bantu Turunkan Kolesterol

5. Coklat pahit

Cokelat hitam dapat mendukung kesehatan jantung dan kadar kolesterol bila dikonsumsi dalam jumlah sedang. Agar manfaatnya maksimal, pilihlah produk dark chocolate dengan kandungan kakao 70 persen atau lebih.