Mengulik Teknologi Jet Supersonik Senyap Baru NASA X-59, New York-London hanya 3,5 Jam

Sugeng rawuh Steecy di Website Kami!

JAKARTA – Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) baru saja mengumumkan pesawat luar angkasa supersonik terbarunya yang diberi nama X-59. Jet ini sangat penting karena meskipun melaju dengan kecepatan tinggi, namun relatif senyap. Mengulik Teknologi Jet Supersonik Senyap Baru NASA X-59, New York-London hanya 3,5 Jam

Hasil pengujian terbaru menunjukkan bahwa X-59 dapat terbang dari New York (AS) ke London (Inggris) dalam waktu sekitar 3,5 jam, dibandingkan dengan perjalanan biasanya yang memakan waktu 8 jam tanpa kebisingan. 20 Negara dengan Tingkat Stunting Tertinggi di Dunia, Indonesia Bersyukur

Namun pada kecepatan tersebut, benda yang bergerak lebih cepat dari kecepatan suara biasanya akan menghasilkan suara seperti guntur yang dapat mengganggu area yang dilaluinya karena tingginya pelepasan energi di udara.

Jadi seberapa senyap pesawat supersonik X-59? Berikut informasi yang dihimpun dari situs resmi NASA pada Selasa (23/01/2024).

Dengan panjang 99,7 kaki dan lebar 29,5 kaki, pesawat supersonik X-59 dirancang untuk terbang tanpa suara dengan kecepatan supersonik.

Moncongnya runcing dan hampir sepertiga dari seluruh panjang pesawat.

Inilah rahasianya: Hidung yang panjang dan runcing dirancang untuk secara tepat memecah gelombang kejut yang menimbulkan gelombang suara, sehingga menciptakan pesawat yang dapat terbang lebih cepat dari suara tanpa menimbulkan kebisingan.

Para ilmuwan juga telah merancang pesawat dengan mesin terpasang yang memberikan permukaan halus untuk membantu mencegah gelombang kejut menumpuk di belakang pesawat dan menyebabkan ledakan sonik.

Namun dengan desain ini, perlu diperhatikan bahwa jet supersonik X-59 tidak memiliki jendela kokpit seperti pesawat kebanyakan.

Sebaliknya, para peneliti mengembangkan eXternal Vision System, serangkaian kamera definisi tinggi yang menyediakan pemantauan 4K untuk pengemudi. Mengulik Teknologi Jet Supersonik Senyap Baru NASA X-59, New York-London hanya 3,5 Jam

Penerbangan X-59 akan memberikan data kepada regulator dan membujuk mereka untuk melonggarkan pembatasan penerbangan supersonik komersial.

Ingat, AS melarang pesawat supersonik selama lima dekade karena suara luar biasa yang dihasilkannya