Menkes Budi: Tingkat Kematian Gangguan Ginjal Akut Misterius Nyaris 50 Persen!

Selamat datang Steecy di Situs Kami!

Steecy – Menteri Kesehatan atau Budhi Gunadi Sadikin menyebutkan, ada 50 pasien yang meninggal dunia atau meninggal dunia akibat gagal ginjal akut atau kelainan terkait ginjal akut yang misterius. Menkes Budi: Tingkat Kematian Gangguan Ginjal Akut Misterius Nyaris 50 Persen!

Gagal ginjal akut terjadi ketika ginjal tidak mampu mengeluarkan racun dan kelebihan cairan serta menjaga keseimbangan air dan elektrolit. Biasanya, ginjal menyaring limbah dari tubuh dan mengeluarkannya melalui urin.

Bedanya, penyebab gagal ginjal akut pada anak saat ini belum diketahui, dan banyak yang meninggal dalam 2 bulan terakhir. Cerita Indro Warkop saat Istri Kena Kanker Paru, Gejala Awal Batuk Tak Sembuh

“Jumlah anak yang teridentifikasi KAI sudah mencapai 70 per bulan (diperkirakan lebih tinggi), angka kematian atau risiko kematian mencapai 50 persen,” kata Menteri Kesehatan Budhi. Detailnya diterima Steecy pada Kamis (20/10/2022). Ilustrasi Sirup Obat (dokumen Envato Elements)

Selain itu, Menteri Kesehatan Budhi membenarkan Kementerian Kesehatan telah memberlakukan larangan sementara konsumsi sirup obat hingga ada hasil resmi pemeriksaan pihak terkait.

Langkah itu diambil sebagai upaya mencegah dan mengantisipasi lonjakan kasus, karena ditemukan sirup yang mengandung bahan kimia tertentu di tubuh pasien muda penderita gangguan ginjal akut.

Menurut Menteri Kesehatan Budhi, dari hasil penelitian pendahuluan, terlihat setidaknya ada 3 zat kimia di dalam tubuh pasien, yaitu etilen glikol, dietilen glikol, dan glikol eter atau EGBE.

Kementerian Kesehatan telah menyelidiki deteksi 3 bahan kimia berbahaya (Ethylene Glycol-EG, Diethylene Glycol-DEG, Ethylene Glycol Butyl Ether-EGBE) pada pasien balita yang menderita AKI (Atipikal Ginjal Cedera). Kesehatan

Dietilen glikol adalah bahan kimia yang digunakan sebagai pelarut alternatif gliserin, yang banyak digunakan dalam sirup obat batuk. Cairan anti icing ini juga digunakan sebagai minyak rem.

Sedangkan etilen glikol merupakan bahan kimia tidak berwarna dan tidak berbau yang sangat beracun jika tertelan.

Glikol eter kemudian berupa cairan bening dan mudah terbakar dengan bau samar. Seperti etilen dan dietilen, bahan kimia ini berfungsi sebagai pelarut dalam air, dapat dicampur dengan minyak dan sabut, dan umumnya digunakan sebagai pembersih tinta, cat, atau pelapis. Menkes Budi: Tingkat Kematian Gangguan Ginjal Akut Misterius Nyaris 50 Persen!

“Beberapa sirup obat yang digunakan oleh anak kecil yang menderita AKI (kami kumpulkan dari rumah pasien) ditemukan mengandung EG, DEG, EGBE, yang seharusnya tidak ada dalam obat-obatan tersebut atau pada kadar yang sangat rendah,” simpulnya. menteri kesehatan yang baik

Sementara itu, Kementerian Kesehatan telah melaporkan kasus gagal ginjal akut misterius di Indonesia selama dua bulan terakhir yang menyerang anak-anak berusia enam bulan hingga 18 tahun.

Sejauh ini, total 206 kasus gagal ginjal akut telah dilaporkan, 99 di antaranya berakibat fatal dan sebagian besar terjadi pada usia satu hingga lima tahun.