Menyuiap Lahan Tidur Jadi Kebun Sayur Subur

Sugeng rawuh Steecy di Situs Kami!

Steecy – Pertanian perkotaan atau urban farming adalah praktik pertanian dan pertanian di perkotaan. Hal ini merupakan jawaban kreatif terhadap tantangan yang dihadapi kota-kota saat ini, seperti populasi yang terus bertambah, terbatasnya akses terhadap lahan pertanian dan permintaan pangan yang terus meningkat. Menyuiap Lahan Tidur Jadi Kebun Sayur Subur

Salah satu manfaat terbesar dari pertanian perkotaan adalah meningkatkan ketersediaan pangan segar dan berkualitas tinggi bagi penduduk perkotaan. Dengan menanam sayuran, buah-buahan dan rempah-rempah di kota, masyarakat dapat memenuhi sebagian kecil dari makanan mereka.

Hal ini mengurangi ketergantungan terhadap makanan dari luar kota dan mengurangi dampak lingkungan dari transportasi jarak jauh. Simak Pernyataan Ketum PB PGRI terkait Nasib Guru Honorer

Pertanian perkotaan juga mendukung perlindungan lingkungan dalam banyak hal. Pertama, mengurangi konsumsi energi yang diperlukan untuk mengangkut produk pertanian dari daerah pedesaan ke kota. Kedua, pertanian perkotaan memungkinkan daur ulang sampah organik melalui pengomposan, sehingga mengurangi jumlah sampah yang dibuang ke TPA.

Selain itu, pertanian perkotaan dapat menciptakan lingkungan perkotaan yang hijau, meningkatkan kualitas udara, dan meningkatkan kualitas tanah yang tercemar.

Pertanian perkotaan juga berpotensi menciptakan peluang ekonomi bagi masyarakat perkotaan. Petani perkotaan dapat menjual produk mereka di pasar lokal, restoran atau melalui program registrasi makanan. Hal ini dapat menjadi sumber pendapatan tambahan yang penting bagi individu dan keluarga, terutama di daerah tertinggal.

Namun, pertanian perkotaan juga menghadapi beberapa tantangan. Keterbatasan lahan yang tersedia di perkotaan menjadi salah satu kendala utama. Selain itu, permasalahan terkait kualitas tanah dan konservasi air juga harus diatasi. Melindungi tanaman dari polusi dan hama perkotaan juga penting dalam keberhasilan pertanian perkotaan. Taman Kota di Bandung Utara.

Secara mengejutkan, Seni Tani adalah bisnis pertanian perkotaan yang muncul sebagai respons kreatif terhadap penderitaan banyak anak muda di tengah pandemi COVID-19. Didirikan oleh Vania Febriantie dan Galih, pasangan berusia 28 tahun, Seni Tani berdiri kokoh di Kelurahan Sukamiskin, Kecamatan Arkamanik, Kota Bandung Utara.

Hingga November 2020, mereka telah mengubah lahan kosong seluas 680 m2 menjadi kebun sayur yang subur. Tahun lalu, Seni Tani memproduksi lebih dari 150 kilogram sayuran segar dan bergizi.

Yang lebih menarik lagi adalah sistem distribusinya yang unik dengan sistem CSA yang merupakan singkatan dari Community Supported Agriculture melalui Kelompok Tani Sauyunan. Artinya, anggota kelompok yang berjumlah 24 orang ini membayar di awal bulan hingga benih sayuran ditanam. Dengan demikian, petani perkotaan dijamin menerima pendapatan dan uang muka sebelum panen.

Lahan yang digunakan Seni Tani saat ini terbagi menjadi dua bagian dengan fungsi berbeda. Setengah dari luas taman disertakan untuk 97 anggota yang berkebun bersama. Sementara separuh lainnya dijalankan oleh dua pemuda setempat yang mempunyai penghasilan tetap sebagai petani perkotaan.

Langkah besar ini merupakan respons terhadap memburuknya situasi ekonomi akibat pandemi COVID-19. Vania dan Galih ingin menciptakan lapangan kerja dan memperkuat ketahanan pangan masyarakat. Melalui surveinya, mereka memanfaatkan lahan yang belum pernah digunakan oleh Pemerintah Kota Bandung.

Mereka membuktikan bahwa Anda tidak membutuhkan lahan yang luas untuk berlatih berkebun. Bahkan dengan lahan berukuran 1×1 meter, siapa pun bisa membuat kebun dapur sendiri. Tani Art adalah contoh cemerlang bagaimana kreativitas, kerja keras, dan inisiatif generasi muda dapat mengubah lahan kosong perkotaan menjadi taman subur yang bermanfaat bagi lingkungan, memperkuat perekonomian lokal, dan mendukung ketahanan pangan di saat krisis. Menyuiap Lahan Tidur Jadi Kebun Sayur Subur

Atas karya inspiratifnya sebagai Urban Farmer Prabayar, Vania Febriyantie berhasil meraih SATU Indonesia Awards 2021 bersama beberapa orang inspiratif lainnya.

Baca beberapa artikel edukasi menarik di tautan ini. Di Hari Media Nasional, Sri Mulyani Beberkan Pentingnya Peran Media Bagi Demokrasi NKRI. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengucapkan selamat kepada seluruh Pekerja Pers di Indonesia pada Hari Pers Nasional (HPN) 2024. Sejumlah harapan disampaikan. Steecy 9 Februari 2024