Microsoft Ingin Beri Pelatihan AI untuk 300.000 Murid SMK di Indonesia

Selamat datang Steecy di Portal Ini!

JAKARTA – Munculnya kecerdasan buatan (AI) di Asia Tenggara menjadi kekuatan besar. Di Indonesia, AI diperkirakan akan berkontribusi sekitar $1 triliun terhadap PDB Asia Tenggara pada tahun 2030. Microsoft Ingin Beri Pelatihan AI untuk 300.000 Murid SMK di Indonesia

Menyadari pentingnya peran AI, Microsoft dan Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia) meluncurkan program AI Teach for Indonesia. BMKG: Gempa Bumi Magnitudo 6,5 Vanuatu Tidak Berdampak ke Indonesia

Program ini bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendidikan vokasi di Indonesia dengan memberikan pelatihan AI kepada 5.000 guru pendidikan vokasi.

Dengan menggunakan Microsoft AI Trainer Toolkit, program ini memungkinkan pendidik mengajarkan konsep AI secara efektif dan memperkenalkan siswa pada Microsoft dan LinkedIn Career Essentials dalam AI Genatif.

Harapannya, program ini dapat membekali siswa dengan keterampilan kecerdasan buatan yang sesuai dengan kebutuhan industri dan membuka peluang kerja yang lebih baik. Ini juga termasuk bisa mengikuti kursus dan memperoleh sertifikasi.

Dimulai dari Guru Bekerja sama dengan lembaga nirlaba lokal, lembaga ketenagakerjaan, dan pemerintah, AI Teach for Indonesia dimulai dengan memberikan pelatihan kepada 5.000 guru kejuruan (training of trainers).

Guru kemudian akan melatih 300.000 siswa kejuruan dan membimbing setidaknya 60.000 siswa untuk mendapatkan sertifikat kelulusan.

“Plan Indonesia bertujuan untuk memastikan bahwa setiap orang dapat menguasai kecerdasan buatan (AI), termasuk guru dan siswa di sekolah kejuruan, terutama mereka yang berasal dari keluarga rentan,” kata Dini Widiastuti, Direktur Eksekutif Plan Indonesia. Microsoft Ingin Beri Pelatihan AI untuk 300.000 Murid SMK di Indonesia

Sementara itu, Presiden Microsoft Indonesia Dharma Simorangkir mengatakan program ini diharapkan dapat menutup kesenjangan keterampilan dan menciptakan nilai ekonomi baru berbasis AI.