Minum Sari Kurma Mentah, Pria Ini Terinfeksi Virus Nipah, Otaknya Membengkak Lalu Wafat

Selamat datang Steecy di Portal Ini!

Steecy, JAKARTA – Seorang pria asal Bangladesh yang belum diungkapkan identitasnya, meninggal karena virus Nipah. Dia mengalami pembengkakan otak setelah meminum jus mentah yang terkontaminasi dengan urin atau air liur kelelawar yang terinfeksi. Minum Sari Kurma Mentah, Pria Ini Terinfeksi Virus Nipah, Otaknya Membengkak Lalu Wafat

Tak Perlu Harus Selalu Berikan Obat, Begini Tanda Demam Anak Tidak Fatal

Virus Nipah, yang menginspirasi kisah film hit Contagion tentang pandemi global, dapat membunuh hingga 75 persen orang yang terinfeksi. Tahmina Shirin, direktur Institut Epidemiologi, Pengendalian dan Penelitian Penyakit (IEDCR) Kementerian Kesehatan Bangladesh, membenarkan kematian tersebut.

Sampelnya dikirim ke laboratorium untuk diuji dan hasilnya positif. Kami tahu orang tersebut meminum sari kurma mentah, kata Shirin, dikutip The Sun, Rabu (31/1/2024).

Kementerian Kesehatan Bangladesh telah memperingatkan masyarakat untuk tidak minum jus kurma mentah setelah 139 orang tertular virus Nipah setelah mengonsumsi minuman yang terkontaminasi tersebut. Nipah merupakan virus zoonosis yang ditularkan dari hewan seperti kelelawar buah dan babi ke manusia.

Penyakit yang disebabkan oleh virus Nipah pertama kali diidentifikasi di Malaysia pada tahun 1999, namun sebagian besar kasus telah menyebar ke Bangladesh dan India. 10 dari 14 orang yang terinfeksi virus Nipah di Bangladesh akan meninggal pada tahun 2023.

Menurut IEDCR, ini adalah jumlah kematian tertinggi dalam tujuh tahun terakhir. Sekitar 20 persen pasien yang bertahan hidup menderita kondisi neurologis jangka panjang, termasuk perubahan kepribadian atau kejang.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengklasifikasikan Nipah sebagai “prioritas darurat” dengan potensi pandemi. Penyakit ini dapat dengan cepat menyerang sistem pernapasan dan sistem saraf pusat. Belum ada obat atau vaksin untuk mengobati Nipah, namun delapan kelompok ahli sedang berupaya mengembangkan vaksin untuk melemahkan virus tersebut. Minum Sari Kurma Mentah, Pria Ini Terinfeksi Virus Nipah, Otaknya Membengkak Lalu Wafat