Pakar Sarankan Lakukan Tiga Hal Jaga Kesehatan Selama Liburan, Apa Saja?

Wecome Steecy di Portal Ini!

Steecy, JAKARTA — Guru Besar Ilmu Penyakit Dada dan Kedokteran Pernafasan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. kata Dr. Tjandra Yoga Aditama mengimbau masyarakat melakukan tiga hal agar tubuh tetap sehat selama liburan, salah satunya dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Pakar Sarankan Lakukan Tiga Hal Jaga Kesehatan Selama Liburan, Apa Saja?

Tak Asal-Asalan, Ini Jenis Olahraga yang Cocok Dilakukan Saat Menstruasi

“Kita masih banyak yang masuk sampai hari Minggu, tentu masyarakat akan memanfaatkan hari-hari tersebut, tapi kita juga tahu sekarang musim hujan sering turun hujan cukup deras,” ujarnya saat dihubungi di Jakarta, Jumat (9/2/). ). 2024).

Lanjutnya, jika sudah terlanjur mengidap suatu penyakit, diimbau agar masyarakat lebih berhati-hati, yakni memeriksakan kesehatannya sebelum melakukan liburan panjang, misalnya dengan mengukur tekanan darah secara berkala bagi penderita hipertensi atau gula darah bagi penderita diabetes. dll. Selain itu, Tjandra mengingatkan masyarakat agar rutin minum obat sesuai anjuran dokter dan mengenali gejala sejak dini agar bisa menghubungi tenaga medis jika keadaan semakin parah.

Terkait kasus penyakit di Jakarta, data Dinas Kesehatan DKI Jakarta mengacu pada Sistem Informasi Kesehatan (SIK) diagnosa Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD DKI Jakarta menunjukkan sindrom gejala akut yang menyebabkan demam, bukan gangguan pencernaan atau gangguan pencernaan. Infeksi saluran pernafasan atas, sakit perut (abdominal pain) dan diare menjadi lima penyakit dengan kasus terbanyak antara 1 Januari 2024 hingga 8 Februari 2024.

Jumlah demam mencapai 9 ribu 662 kasus, disusul gangguan pencernaan 3 ribu 314 kasus, ISPA atas 2 ribu 834 kasus, sakit perut 2 ribu 825 kasus, dan diare 2 ribu 812 kasus.

Di sisi lain, terkait dengan libur nasional Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, dalam rangka Imlek dan akhir pekan ini, Pemprov DKI Jakarta akan bekerja sama dengan berbagai pihak untuk menyelenggarakan berbagai acara di Jakarta mulai Kamis (8 /2/2020) melakukan. 2024) – Termasuk event Lion Dance di Mall of Indonesia pada tanggal 11 Februari hingga Underwater Dragon Show dan Mermaid di Seaworld Ancol.

Ada pula acara Imlek di Taman Hiburan Barongsai dan Festival Pecinan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang berlokasi di Taman Literasi Martha C. Tiahahu, Jakarta Selatan. Pakar Sarankan Lakukan Tiga Hal Jaga Kesehatan Selama Liburan, Apa Saja?

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Andhika Permata mengatakan, lima lokasi, antara lain Ancol (10.031.952 pengunjung) disusul Monumen Nasional (5.943.355), memiliki daya tarik wisata dan paling banyak dikunjungi wisatawan pada tahun 2023. pengunjung), Ragunan (4.824.948 pengunjung), Kota Tua (2.811.766 pengunjung) dan Taman Mini Indonesia Indah (2.408.902 pengunjung).