Rico Ceper Kena Tipu Rp 30 Juta dari Modus Kelebihan Transfer

Selamat datang Steecy di Situs Kami!

Jakarta – Rico Ceper Kena Tipu Rp 30 Juta dari Modus Kelebihan Transfer

Moderator Rico Ceper baru saja menjadi korban penipuan kawat.

Awalnya Rico mendapat tawaran pekerjaan untuk mengisi program di salah satu kementerian dari seorang penelepon yang mengaku sebagai pegawai di kementerian tersebut. Dapat Hak Asuh Anak, Irish Bella Tak Boleh Halangi Ammar Zoni Bertemu Buah Hati

Setelah kesepakatan tercapai, penipu tersebut menunjukkan jumlah yang akan dia transfer ke Rico sebagai MC sebagai biaya. Ia mengaku mengirimkan sejumlah uang kepada Rico.

“Katanya, ‘Ayo deposit dulu ya, setengahnya,’ oke. Misalnya Rp 20 juta, dia transfer Rp 15 juta, jadi ada surplus. Jadi dia menelepon di malam hari dan meminta maaf (jika ada diskon).

“Katanya dia ke salah satu bank (cek resi transfernya) ‘Oh iya, ada diskon.’ Katanya, “Bolehkah saya mengambil uang Rp 5 juta dan mentransfernya kembali atas nama Fulan?” dia melanjutkan.

Rico Ceper melaporkan adanya transfer berlebihan dan mengaku tidak mengecek mutasi rekening dan hanya percaya pada bukti transfer yang dikirimkan penipu.

Penipu kemudian melanjutkan aksinya dan kembali menelepon Rico Ceper dan mengaku akan membayar seluruh biayanya.

“Tadinya Rp 15 juta, jadi Rp 10 juta ya, kita bayar saja. Misalnya kalau kurang dari Rp 10 juta ya mereka bayar,” kata Rico Ceper.

Penipu itu bahkan menawari Rico pekerjaan tambahan dan mengklaim bahwa dia telah mentransfer uang dalam jumlah berlebihan.

Pagi harinya, Rico Ceper baru berinisiatif mengecek transfer rekeningnya dan ternyata tidak ada uang yang masuk ke rekeningnya. Padahal, dialah yang mengirimkan uang kepada penipu tersebut.

“Tapi bukti penularannya ada, entah bagaimana beberapa kali diedit ya, untuk meyakinkan calon yang tertipu. Saya lemah, saat saya cetak (transfer tagihan), tidak lolos,” kata Rico Sepper.

Total kerugian yang dialami Rico Ceper berkisar Rp30 juta. Untungnya, proses jual beli Rico terhenti sebelum penipu menarik uangnya. Rico Ceper Kena Tipu Rp 30 Juta dari Modus Kelebihan Transfer

“Kalau dibiarkan bisa mencapai ratusan (jutaan). Oleh karena itu, bukti transkripsinya sangat meyakinkan. Cara penarikannya berbeda, kita tidak bisa bernapas lega dengan para penipu ini,” kata Rico Ceper.

Meski demikian, Rico Ceper tak berniat melaporkan kasus penipuan ini ke polisi.

“Saya takut jika saya melaporkan ayam yang hilang, saya juga akan kehilangan seekor kambing. Artinya, saya tidak tahu harus melaporkannya ke mana. Itu merepotkan, bukan? Apakah ini merepotkan? Kalau dia bisa kembali alhamdulillah betul betul,” tutupnya. Tonton video “Rico Scheper Ditipu, Tolak Lapor Polisi” (ahs/wes)