Stok Vaksin Covid-19 Terbatas, Bagaimana Caranya Dapat Vaksin Booster Jika Ingin ke Luar Negeri?

Wecome Steecy di Website Kami!

Steecy – Terbatasnya dukungan vaksin Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mulai membatasi distribusi obat booster. Saat ini yang diprioritaskan adalah booster trip bagi pelaku perjalanan dalam negeri atau PPDN dan pelaku perjalanan luar negeri atau PPLN. Stok Vaksin Covid-19 Terbatas, Bagaimana Caranya Dapat Vaksin Booster Jika Ingin ke Luar Negeri?

Menurut Direktur Pengelolaan Imunisasi Kementerian Kesehatan Prima Yosefin, bagi pelaku perjalanan yang akan menerima vaksinasi booster harus menanyakan ke Kantor Kesehatan Pelabuhan atau KKP di stasiun, bandara, atau hasilnya. Petugas kesehatan menerima booster virus kedua di Youth Center Pulogadung, Jakarta Timur, Selasa (2/8/2022). [Steecy/Alfian Winanto] WHO Sebut Resistensi Antibiotik Sebabkan Masalah Kesehatan Mental, Kok Bisa?

“Obat-obatan kita saat ini sangat sedikit. Makanya kita periksa dan pastikan ketersediaannya terutama bagi para pemudik, jadi ini sangat penting sekarang,” ujarnya Prima kepada Steecy di Jakarta beberapa waktu lalu.

Prima mengatakan pemudik datang ke KKP untuk berobat, sehingga dapat memenuhi kebutuhan suntikan booster sebelum melakukan perjalanan.

Aturan ini mirip dengan penyakit meningitis yang harus dijalani jemaah umrah sebelum berangkat ke Arab Saudi.

“Jadi bisa diatur jadwalnya, kapan mau terbang? Kapan mau kena Covid-19? Kapan kena meningitis, karena tidak bisa diberikan bersamaan, jadi harus dipisahkan. Obatnya diberikan di KKP ,” jelas Prima.

Ia menambahkan, meski harga obat saat ini terbatas, namun diperkirakan harga vaksin Covid-19 akan kembali normal pada November 2022.

“Menunggu kapal masuk dan penjualan dari dalam negeri, kita harapkan November semuanya sudah kembali,” ujarnya. Stok Vaksin Covid-19 Terbatas, Bagaimana Caranya Dapat Vaksin Booster Jika Ingin ke Luar Negeri?

Namun, Prima mengatakan saat ini biaya vaksin Covid-19 di Indonesia sekitar 1 juta dosis, dikirim ke seluruh daerah, dan pemerintah daerah tidak mendapat untung.