Suka Tumis Sambel? Hati-hati Asapnya Bisa Bahayakan Anak, Kenapa?

Selamat datang Steecy di Portal Ini!

JAKARTA – Polusi udara menjadi penyebab utama kematian akibat pneumonia pada semua kelompok umur. Hampir sepertiga kematian akibat pneumonia disebabkan oleh polusi udara, dengan perkiraan 749.200 kematian pada tahun 2019. Suka Tumis Sambel? Hati-hati Asapnya Bisa Bahayakan Anak, Kenapa?

Bukan hanya polusi lalu lintas di jalan raya. Polusi udara dalam ruangan juga meningkatkan risiko pneumonia. Menurut laporan tersebut, polusi udara dalam ruangan menyebabkan 423.000 kematian. Sering Tinggalkan Sholat Wajib dengan Sengaja, Ini Kata Imam Ibnul Qayyim Rahimahullah

Berbicara tentang polusi udara dalam ruangan, sebagian dari kita mungkin tidak menyadarinya. Namun tahukah Anda bahwa masakan, termasuk sambal, bisa menjadi sumber polusi udara dalam ruangan?

Hal ini dilansir dari Badan Pendidikan Indonesia (IDAI) (UKK). Dr. Nasti Kasvandani, Sp.A(K) dalam siaran pers IDAI pada Kamis, 11 Januari 2024.

“Sering kali kita tidak memperhatikan asap yang dihasilkan di dapur, seperti sambal gosong, masakan, atau masakan. Kalau dicampur dengan sambal, asapnya sangat mengganggu,” ujarnya.

Asap hasil masakan campuran cabai ini dapat mengiritasi dan merusak sistem pernafasan bayi dan anak kecil, terutama jika saluran pernafasannya kecil.

“Kami hanya batuk (menghirup asap sambal goreng). Sama halnya dengan asap yang dihirup oleh anak-anak yang saluran pernafasannya masih kecil, sehingga sangat tidak nyaman dan mengganggu, serta jarang kita dapatkan,” ujarnya. Dia menjelaskan.

Bukan hanya asap dari sambal panggang saja, aromaterapinya sendiri bisa menyebabkan gangguan pernafasan pada bayi dan balita. Pasalnya aromaterapi mengandung bahan kimia yang dapat mengiritasi sistem pernafasan bayi dan anak kecil.

“Aromaterapi yang banyak digemari ibu-ibu saat ini adalah aromaterapi yang asapnya tebal dan dapat menyebabkan iritasi. Aromaterapi itu mengandung bahan kimia, jadi kotor kalau kita punya anak, itu tidak baik,” ujarnya.

Nastiti kemudian mengatakan, kebiasaan memanaskan mobil di rumah juga dapat berkontribusi terhadap pencemaran udara dalam ruangan. Asap mobil yang panas bisa masuk dan terhirup langsung oleh bayi dan anak kecil. Suka Tumis Sambel? Hati-hati Asapnya Bisa Bahayakan Anak, Kenapa?

“Asap masuk ke dalam rumah kalau berasap, itu salah satu jenis polusi dalam ruangan yang tidak dirasakan. Jadi kalau mau panaskan mobil, perhatikan aliran asapnya. Panaskan di luar. Nunggu jangan kehilangan mobilnya.” “, katanya.

Geva, anak mendiang Glenn Fredley, dirawat di unit gawat darurat karena pneumonia, Mutia Ayu mengatakan, penyakit yang diderita anak tersebut disebabkan oleh polusi udara. Selain suhu tubuh, Geva Steecy juga mengalami sesak napas dan batuk pada 20 Januari 2024.