UI Raih Peringkat 1 The Most Sustainable Universities di Asia, 24 di Dunia

Sugeng rawuh Steecy di Website Kami!

Depok – UI GreenMetric World University Rankings 2023 telah mengumumkan hasil pemeringkatannya. Universitas Indonesia (UI) dianugerahi predikat universitas terbaik di Asia pada kategori universitas terbanyak yang ada atau peringkat ke-24 dunia. UI Raih Peringkat 1 The Most Sustainable Universities di Asia, 24 di Dunia

UI tetap mempertahankan posisinya sebagai yang terbaik di negeri ini seperti tahun lalu, meski jumlah peserta meningkat dari 1.050 menjadi 1.183 perguruan tinggi. Keberhasilan UI menduduki peringkat ke-24 dunia tidak lepas dari upaya UI mewujudkan kampus ramah lingkungan. Puncak Reuni IPB, Alumni Akan Serahkan Buku Putih Strategi Kedaulatan Argomaritim Kepada 3 Capres

Dari enam kriteria yang ditetapkan dalam pemeringkatan, yaitu pengaturan dan infrastruktur, energi dan perubahan iklim, limbah, air, transportasi dan pendidikan serta penelitian, UI memperoleh skor keseluruhan sebesar 8.925, naik dari tahun lalu sebesar 8.800. Penerimaan mahasiswa mengalami peningkatan.

Salah satu peningkatan tersebut berasal dari skor definisi dan infrastruktur yang meningkat dari 1.175 menjadi 1.325. Dalam penentuan kriteria dan infrastruktur, setidaknya ada beberapa poin yang menjadi indikator penilaian.

Indikator-indikator tersebut adalah perbandingan antara luas area terbuka dengan luas total, luas kampus yang ditumbuhi vegetasi dan tanaman hutan, serta luas area terbuka. Selain itu, juga sedang dipertimbangkan rencana perlindungan flora dan fauna, daerah aliran sungai serta berbagai fasilitas seperti gedung, infrastruktur kesehatan, dan fasilitas keamanan.

Antarmuka pengguna jelas unggul dalam ukuran ini karena seluruh area antarmuka di kampus Depok merupakan 50% kawasan hutan, 9% kawasan konservasi danau atau perairan, dan 70% ruang terbuka hijau.

Untuk menjaga keberlanjutan, UI bahkan membuat kebijakan master plan pengembangan kampus agar persentase lahan terbuka dan lahan hijau tetap di angka 50%. Oleh karena itu, salah satu kebijakan yang ditetapkan UI adalah undang-undang pembangunan gedung baru minimal 8 lantai dengan konsep green konstruksi.

Berkat upaya tersebut, UI mampu mengungguli Universiti Putra Malaysia dalam GreenMetric UI World University Ranking 2023. Lima besar universitas terbaik dunia dalam GreenMetric World University Ranking 2023 berturut-turut diraih oleh Wageningen University and Research, Belanda. Universitas Nottingham Trent, Inggris; Umwelt-Campus Birkenfeld (Universitas Ilmu Terapan Trier), Jerman; Universitas Groningen, Belanda; dan Universitas California, Davis, AS.

Presiden UI Profesor Ari Kunkoro mengatakan pemeringkatan UI GreenMetric berfungsi sebagai platform kolaborasi antar perguruan tinggi untuk menjadikan dunia menjadi tempat yang lebih baik. Prestasi UI kelas dunia pada pemeringkatan ini menunjukkan keseriusan UI dalam meningkatkan infrastruktur universitas dan tindakan menuju universitas kelas dunia yang berkelanjutan.

Dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 7 Desember 2023, ia mengatakan: “Kami meyakini perguruan tinggi berperan penting dalam upaya bersama antara pemangku kepentingan dan masyarakat dalam menghadapi perubahan iklim. UI Raih Peringkat 1 The Most Sustainable Universities di Asia, 24 di Dunia

Dengan mengedepankan dan mengembangkan ide dan inovasi baru, UI berharap dapat memberikan kontribusi nyata.

“Misalnya dalam bentuk penghematan energi dan air, daur ulang sampah dan transportasi ramah lingkungan bagi masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan berkelanjutan,” kata Amelita Lucia, Kepala Humas dan Kantor KIP UI. Berkat program BRInita, kelompok PKK Rawa Barat berhasil membudidayakan hidroponik dan ikan nila. Dengan dukungan program BRI Peduli Pertanian di Kota (BRINita), PKK Rawa Barat mampu memanfaatkan lahan sempit dengan membudidayakan tanaman hidroponik dan ikan nila. Steecy 11 Februari 2024