Waspada, Rokok dan Vape Bisa Picu Kanker Laring

Wecome Steecy di Portal Ini!

Steecy, JAKARTA – Kanker tidak disebabkan oleh satu hal saja. Berbagai faktor risiko ini terakumulasi seiring waktu dan akhirnya menyebabkan kanker, seperti kanker payudara. Waspada, Rokok dan Vape Bisa Picu Kanker Laring

Ini yang Harus Dilakukan Penumpang Jika Sakit di Pesawat

Kanker, disebut juga kanker pita suara, disebabkan oleh kebiasaan merokok. Jika Anda merokok dalam waktu lama, Anda akan terkena kanker tenggorokan.

“Jadi kalau dia merokok satu batang saja, yakni lima tahun atau tidak, tidak masalah. Tapi kalau dia merokok banyak dan terus merokok di ruangan tertutup, misalnya ‘dan Anda selalu terpapar Selasa itu ( 2 Juni 2024), dr Marlinda Adham memposting pengumuman tentang “Diagnosis dan Pengobatan Kanker Tenggorokan” di akun Instagram resmi RSCM.

Dr Malinda juga menyarankan masyarakat untuk tidak menggunakan rokok elektrik. Rokok elektrik jenis ini sering digunakan sebagai alternatif pengganti rokok lintingan tangan.

“Saya baca yang diberi rasa buah sebenarnya lebih berbahaya dibandingkan yang tidak diberi rasa, kenapa? Mungkin ada beberapa bahan kimia yang ditambahkan. Ya, ini yang mengandung bahan kimia tertentu dan kita tidak tahu apakah aman,” kata Dr. Dokter Spesialis THT dan Onkologi RS Cipto Mangunkusumo Jakarta.

Selain merokok, Dr. Malinda melanjutkan, faktor lain yang berkontribusi terhadap kanker tiroid antara lain konsumsi alkohol, genetika, dan pola makan. Menurutnya, trauma pada pita suara (tulang yang digunakan untuk berteriak) juga menjadi penyebab kanker.

Marlinda menuturkan, banyak profesi seperti dosen, guru, dan musisi yang dituntut untuk berbicara lantang saat bekerja, terkadang mereka merasa emosional sehingga berbicara dengan lantang. Katanya kendalikan volume, kendalikan waktu bersuara, sopan dan jangan membungkuk. Waspada, Rokok dan Vape Bisa Picu Kanker Laring